178 Lulusan Diktuk Bintara Polri (Perbatasan) Dilantik Kapolda Riau Pagi Tadi




PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Widodo Eko Prihastopo, Senin pagi (4/3/2019) melantik 178 orang Lulusan Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri (Perbatasan) T.A 2018 - 2019 dari SPN Polda Riau.

Pelantikan ini diadakan di Stadion Atletik Sport Center Rumbai Pekanbaru, yang dihadiri Gubernur Riau yang diwakili Plt. Kepala BPSDM Provinsi Riau serta sejumlah Forkopimda Provinsi Riau lainnya, Juga hadir Pejabat Utama Polda Riau dan Para Orang Tua / Keluarga Siswa Diktuk Bintara Polri ini. 

Kapolda Riau selaku Inspektur Upacara pada kesempatan ini membacakan Amanat tertulis Kepala Kepolisian Republik Indonesia, berikut petikannya :

Mengawali amanat ini Kapolri menyampaiak ucapan selamat kepada Bintara Remaja yang telah berhasil menyelesaikan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri yang berlangsung selama 7 bulan dan berhak menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua.

Wujudkan rasa syukur ini dengan tekad dan niat yang kuat untuk senantiasa memberikan pengabdian dan kinerja terbaik selaku anggota Polri, dalam memelihara kamtibmas, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Para Bintara remaja sebagai salah satu elemen terdepan dalam pengamanan Pemilu Tahun 2019, harus mampu melaksanakan tugas dengan optimal, persiapkan diri dengan baik, tanamkan disiplin dan tekad yang kuat, serta implementasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di lembaga pendidikan demi keberhasilan pelaksanaan tugas.

Senantiasa tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas.

Pegang teguh serta amalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya, sebagai pedoman dalam setiap langkah pengabdian insan Bhayangkara sejati dan laksanakan setiap tugas yang diemban dengan penuh semangat, tanggung jawab, dan keikhlasan.

Terus kembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung pelaksanaan tugas, jangan pernah berhenti untuk belajar, berlatih, dan menuntut ilmu.

Senantiasa menjaga nama baik serta kehormatan diri, keluarga, dan institusi serta hindari segala pelanggaran disiplin, pelanggaran Kode Etik Profesi Polri, maupun perbuatan pidana.

Usai Upacara Pelantikan ini, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan peragaan oleh siswa diktuk Bintara Polri (Perbatasan) T.A 2018-2019.

178 Bintara Polri lulusan SPN Polda Riau ini berasal dari seluruh Kabupaten / Kota se-Riau yaitu asal Kota Pekanbaru 58 orang, Kab. Kampar 18 orang, Inhu 8 orang, Inhil 6 orang, Dumai 12 orang, Bengkalis 13 orang, Siak 7 orang, Rohul 10 orang, Rohil 18 orang, Pelalawan 12 orang, Kuansing 10 orang dan Meranti 6 orang.

Berdasarkan data yang dirilis Polda Riau disampaikannya bahwa 134 orang Bintara Remaja ini beragama Islam, 36 orang
Kristen Protestan dan 8 orang lainnya Kristen Khatolik.

Sementara berdasarkan asal suku yaitu Melayu 51, Minang 26, Batak 47, Jawa 38, Nias 4, Sunda 3, Karo 2, Aceh 1, Madura 1, Banjar 1, Mandailing 1, Tamil (India) 1 dan Lampung 1.
Berdasarkan pekerjaan atau profesi orangtua para Bintara Polri ini terdiri dari ASN 10, TNI 10, Polri 15,  Swasta 70, Petani 23, Guru 9, Pengemudi 3, Satpam 1, Pedagang 18, Buruh 6, Perkapalan 1, Montir 1, Tukang Bangunan 1, Agen Asuransi 1, Ketua RT 1 dan Tidak Bekerja 1 orang. 
 
Untuk peringkat terbaik satu hingga tinggalnya berdasarkan Nilai Akademik adalah
Benny Erwin 79,00, Andy Gray Sibarani 78,7 dan Dimas Setiawan 78,80.

Untuk Peringkat Terbaik Nilai Mental Kepribadian
yaitu
R. Rayna Dandi 75,2, Hupedi Lamsyah 75,1 dan M. Arif 73,1. Sementara itu untuk Nilai Kesehatan dan Jasmani terbaik adalah Ronaldo Sinaga 85,20, Bayu Dwi Saputra 83,40 dan Ericson P. Nababan dengan nilai 82,90.

Untuk Penilaian Secara Nasional (PSN) oleh Lemdiklat Polri
nilai tertinggi adalah Agis Ramadhan dengan nilai 86 asal Pelalawan, peringkat kedua Agung Bhakti Nugraha asal Kuansing dengan nilai 86 dan peringkat ketiga Bob Rahandi Yusuf dari Pekanbaru dengan Nilai 85.
Secara Nasional SPN Polda Riau menduduki rangking ke-2 untuk kualitas kelulusan Siswa Diktukba Polri T.A 2018-2019 ini. 
(Rilis Humas Polda) - Editor Dny