3 TERSANGKA PENCURI KERBAU NYARIS DIHABISI WARGA KUNTU, DIAMANKAN POLRES KAMPAR


Sabtu 16 Juli 2016, Jajaran Polres Kampar mengamankan tiga tersangka pelaku pencurian hewan ternak kerbau di Desa Kuntu Darussalam Kecamatan Kampar Kiri. Dua dari tiga diduga pelaku berasal dari Kabupaten Pelalawan, sedangkan satu lainnya merupakan warga desa setempat.

Ketiga tersangka sudah diamankan di Mapolres Kampar, dua tersangka asal Kabupaten Pelalawan tersebut adalah ML (41) dan RD (48). Mereka sehari-sehari bekerja sebagai buruh yang beralamat di Pangkalan Kerinci kabupaten Pelalawan, sedangkan satu orang lainnya adalah HM (40) merupakan warga Desa Kuntu Darussalam kecamatan Kampar Kiri.

Penangkapan para tersangka berawal pada Sabtu (16/7) sekira pukul 17.15 Wib, ketika didapat informasi dari masyarakat Desa Kuntu bahwa ada tiga orang yang diduga melakukan pencurian kerbau di Kebun KUD Amanah telah diamankan warga di kantor KUD Amanah.

Mendapat informasi tersebut personil Polsek Kampar Kiri langsung turun ke lokasi. Saat tiba di tempat, ketiga terduga pelaku yang diamankan warga di dalam kantor KUD Amanah dikerumuni sekitar 250 orang warga, terlihat suasana menegangkan karena warga emosi dengan ulah para tersangka ini.

Personil Polsek Kampar Kiri melakukan pengamanan dan mencoba membawa ketiga orang tersebut. Pada saat dibawa ke mobil patroli, satu orang berhasil masuk ke dalam mobil, sedangkan dua orang lainnya tidak bisa diamankan ke dalam mobil patroli karena masa mencoba memukuli kedua terduga pelaku tersebut.

Kemarahan warga berlanjut, sekitar pukul 18.00 WIB, dua unit sepeda motor Honda Revo dan Kanzen milik terduga pelaku dibakar oleh massa. Melihat kejadian tersebut, sekitar pukul 20.00 WIB personil Polsek Kampar Kiri dibantu dengan Kades Kuntu dan Kuntu Darussalam beserta ninik mamak dan tokoh masyarakat setempat mencoba melakukan upaya persuasif.

Personil berunding agar bisa membawa ketiga orang yang diduga pelaku ke Polsek Kampar Kiri, namun massa belum berkenan waktu itu.

Baru pada pukul 23.00 WIB, saat Wakapolres Kampar Kompol Azwar S. Sos MSi, MH beserta para pejabat utama Polres Kampar lainnya tiba dilokasi untuk melakukan pertemuan dengan Kepala Desa Kuntu dan Kepala Desa Kuntu Darussalam serta Ketua Pemuda setempat, keadaan sedikit mereda.

Perundingan ini berhasil meyakinkan masyarakat bahwa ketiga terduga pelaku akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku dan meminta masyarakat ikut kooperatif memberikan dengan memberikan keterangan kepada pihak Kepolisian dalam proses penyelidikan dan penyidikan nantinya ujar Waka Polres.

Satu jam kemudian, ketiga diduga pelaku pencurian kerbau tersebut digelandang ke Polres Kampar untuk diproses lebih lanjut. Beberapa barang bukti ikut disita diantaranya, sepucuk Senapan angin rakitan, dua unit handy talkie merk firstcom, 6 paket bius, BPKB sepeda motor Revo, 1 gulung tali nilon dan dua unit kerangka sepeda motor yang milik tersangka yang telah dibakar masa.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK saat dikonfirmasi membenarkan kejadian ini, disampaikan Kapolres bahwa ketiga tersangka beserta sejumlah barang bukti yang ditemukan petugas terkait kasus ini telah diamankan di Mapolres Kampar untuk menjalani proses hukum selanjutnya.