4 Unit Rumah Warga Desa Palung Raya Kec. Tambang Ludes Terbakar




TAMBANG - Telah terjadi kebakaran 4 unit rumah tempat tinggal permanen, di Dusun I Desa Palung Raya Kec. Tambang siang tadi Kamis (28/12/2017) sekira pukul 12.30 wib.

Para pemilik rumah yang terbakar ini adalah Roziah, ibu rumahtangga (PR 60), Roma, dagang (LK 65), Busra, perangkat Desa Palung Raya (LK 50) dan Rosidah, ibu rumahtangga (PR 70), semua rumah yang terbakar ini berada di RT 01 RW 02 Dusun I Desa Palung Raya. 

Peristiwa ini pertama kali diketahui oleh saksi M. Masnur yang saat itu sedang tidur siang bersama ponakannya, tiba-tiba ia terbangun karena ada hawa panas datang dari arah dapur rumahnya yang terbuat dari bahan kayu / papan. 

Spontan dia pergi ke dapur untuk mengecek dan melihat api sudah besar yang membakar dinding dapur rumah tersebut, melihat hal itu Masnur langsung keluar dari rumah sambil membawa ponakannya lalu memanggil para tetangga yang saat itu sedang beristirahat siang dirumahnya masing-masing. 

Beberapa saat kemudian para pemilik rumah langsung keluar sambil menyelamatkan barang-barang miliknya sebisanya, sementara warga yang lain berusaha membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya. 

Para personel Kepolisian dan petugas gabungan dari Pospam Danau Bingkuang yang tidak jauh dari lokasi kejadian segera datang ke TKP untuk membantu, disusul personel Polsek Tambang.

Para petugas ini langsung mengamankan lokasi dan ikut bersama warga melakukan proses pemadaman serta menghubungi pihak Damkar dari Pemda Kampar, karena rumah-rumah ini posisinya berdempetan sehingga dalam waktu singkat api menghanguskan ke-4 rumah tersebut. 

Sekira pukul 13.15 wib datang 2 unit Damkar Pemkab. Kampar dan langsung melakukan proses pemadaman, sekitar pukul 13.45 wib api dapat dipadamkan dengan tuntas. 

Kapolsek Tambang AKP Jambi Lumban Toruan SH saat dikonfirmasi membenarkan kejadian ini, disampaikan Kapolsek bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan kerugian ditaksir sekitar Rp 600 juta. 

Sementara itu dugaan awal penyebab kebakaran berdasarkan keterangan saksi-saksi di lokasi kejadian, adalah akibat hubungan pendek arus listrik dari salah salah satu rumah yang kemudian menjalar kerumah lainnya, namun untuk kepastian penyebab kebakaran ini masih menunggu hasil penyelidikan lebih lanjut, ungkapnya.(D3n)