ANGGOTA POLRES KAMPAR LAKUKAN PENGAMANAN MESJID SAAT SHALAT JUMAT DAN SAMPAIKAN PESAN KAMTIBMAS


Jumat 26 Agustus 2016, dalam rangka menjabarkan program prioritas Kapolri terkait peningkatan pemeliharaan Kamtibmas, Polres Kampar kembali menggiatkan upaya-upaya preventif guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

Salahsatu program inovatif yang digelar Jajaran Polres Kampar adalah program "Jumat Barokah", beberapa rangkaian kegiatan telah dilakukan dalam mengaplikasikan program ini.

Sebagaimana yang dilakukan saat menjelang waktu Shalat Jumat tadi dengan membagikan nasi bungkus sumbangan anggota Polres Kampar kepada warga masyarakat yang membutuhkan.

Selanjutnya sebagian anggota Polres Kampar dan Polsek Jajaran termasuk Bhabinkamtibmas melakukan pengamanan Shalat Jumat pada sebagian besar Masjid- masjid  yang ada diwilayah hukum Polres Kampar.

Anggota yang ditugaskan untuk pengamanan shalat Jumat ini juga melakukan ibadah shalat Jumat pada masjid-madjid tersebut, dan setelah pelaksanaan ibadah Shalat Jumat bersama jamaah, para Bhabinkamtibmas dan anggota lainnya yang telah ditunjuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada jamaah masjid.

Kegiatan Jumat keliling anggota Polres Kampar dan Polsek Jajarannya ini sebenarnya sudah berjalan cukup lama, namun seiring dengan program Prioritas Kapolri tentang peningkatan pemeliharaan Kamtibmas, maka kegiatan ini semakin ditingkatkan.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK terkait kegiatan ini menyampaikan bahwa dirinya memang menginginkan anggotanya selalu hadir ditengah masyarakat sebagaimana motonya "Polri ada dimana-mana dan dimana mana ada Polri".

Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat khususnya ketika melaksanakan ibadah Shalat Jumat. Adapun yang menjadi target dalam penugasan anggota Kepolisian ini adalah untuk mencegah dan mengantisipasi tindak pidana 3C (Curat, Curas dan Curanmor), anggota yang ditugaskan ini juga dianjurkan untuk mengedukasi masyarakat dengan pesan-pesan kamtibmasnya agar tidak menjadi korban kejahatan.


Berdasarkan pemantauan dilapangan terlihat masyarakat menyambut baik tentang kegiatan ini, selain itu kehadiran petugas Kepolisian ini juga dapat mempererat tali silaturahmi antara anggota Kepolisian dengan warga masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Kepolisian.