ANTISIPASI BANJIR, KAPOLRES KAMPAR TINJAU BENDUNGAN PLTA DAN DIRIKAN POSKO SIAGA BENCANA




Sabtu 3 Desember 2016, Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK bersama Asisten II Setda Kampar sdr. Nurbit dan beberapa Pejabat Utama Polres Kampar antara lain Kabag Ops Kompol HM. Agus Hidayat SiK, Kasat Lantas AKP Mas'ud Ahmad SiK, Kasat Sabhara AKP Hermawan mengunjungi PLTA Koto Panjang.

Kunjungan ini dalam rangka meninjau langsung ketinggian dan debit air pada bendungan PLTA Koto Panjang, dalam kaitannya dengan kondisi cuaca saat ini yang telah memasuki musim penghujan.

Rombongan Kapolres Kampar tiba di lokasi Bendungan PLTA Koto Panjang sekitar pukul 10.00 wib, yang disambut oleh Humas PLTA Koto Panjang sdr. Ramsi beserta sejumlah staf dan karyawan PLTA Koto Panjang.

Kapolres Kampar dan rombongan menyempatkan waktu untuk mengecek langsung kontrol panel ketinggian air yang saat ini masih dalam level normal.

Kepada pihak PLTA Koto Panjang ini, Kapolres Kampar meminta untuk menjalin komunikasi yang inten dengan Pihak Polres Kampar maupun Pemda Kampar melalui BPBD Kampar, terutama bila ketinggian air mengalami peningkatan drastis serta pembukaan pintu pembuangan air menuju Sungai Kampar.

Untuk menyampaikan perkembangan kondisi air pada bendungan ini, selain menyampaikan pemberitahuan melalui surat sebaiknya juga disampaikan melalui media massa maupun media sosial resmi PLTA Koto Panjang.

Sebagaimana diketahui bahwa pintu spill way dari bendungan ini mengarah ke Sungai Kampar, dimana daerah aliran Sungai Kampar ini sangat banyak perkampungan yang merupakan daerah rawan banjir. Kita memang tidak bisa memprediksi secara pasti perkembangan kondisi air, namun kita bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir untuk meminimalisir dampaknya.

Terkait upaya antisipasi bencana banjir ini, Polres Kampar sejak beberapa waktu lalu telah mendirikan Posko Siaga Bencana, yang di gelar di halaman Mapolres Kampar dengan mendirikan tenda Posko Siaga Bencana serta menyiapkan beberapa peralatan pertolongan seperti perahu karet, kano dan beberapa peralatan lain yang dimiliki Polres Kampar.

Kita berharap agar pada musim penghujan kali ini, tidak sampai menimbulkan bencana banjir sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat.