ANTISIPASI BANJIR, KAPOLSEK PERHENTIAN RAJA BERSINERGI DENGAN FORKOPIMCAM TINJAU DESA RAWAN BANJIR





Senin (06/3/2017) pukul 09.30 wib, Kapolsek Perhentian Raja Iptu Dadan Wardan Sulia bersama Camat Perhentian Raja Yuricho Efril, dan Danposramil 06 Siak Hulu-Perhentian Raja Samsul Hutabarat memonitoring kondisi debit air di Dusun Perupuk desa Kampung Pinang yang merupakan daerah rawan banjir di kecamatan Perhentian Raja.

Turut mendampingi peninjauan tersebut, Kepala Desa Kampung Pinang Amrizal, Kanit Binmas Polsek Perhentian Raja Aiptu Bandot Rianto, Kanit Intelkam Polsek Perhentian Raja Aipda Riston Pasaribu, Bhabinkamtibmas Desa Kampung Pinang Brigadir Arifin Ahmad, Babinsa Desa Kampung Pinang Serda Hermansyah, dan Ketua Pemuda Desa Kampung Pinang Fauzi.

Kapolres Kampar AKBP. Edy Sumardi Priadinata Sik melalui Kapolsek Perhentian Raja Iptu Dadan Wardan Sulia mengatakan, bahwa Kondisi debit air sungai di dusun Pelupuk ini sudah mulai meluap, dan sudah mulai menggenangi halaman pekarangan rumah warga.

"Sekitar 10 rumah warga dusun Perupuk Desa Kampung Pinang yang terletak di pinggiran sungai Kampar, halamanya digenangi air luapan sungai," jelas Kapolsek.

Dijelaskan Kapolsek, ketinggian air di pekarangan rumah warga ini diperkirakan sudah mencapai  10 Cm. Disamping pekarangan rumah warga, perkebunan warga juga sudah digenangi air.

"Sekitar 20 Ha kebun sawit dan 5 Ha Kebun Karet warga sudah digenangi air luapan sungai Kampar," ujar Kapolsek.

Pada giat monitoring ini, Kapolsek Perhentian Raja mengimbau warga sepanjang aliran sungai untuk tidak melaksanakan aktifitas di sepanjang aliran sungai serta memantau, mengawasi dan melarang anak - anak bermain di pingir sungai, mengungsikan Ternak dan barang barang berharga penduduk yang mulai terdampak banjir ke tempat yang lebih aman.

Ditambahkan Iptu Dadan, jajaran Polsek Perhentian Raja akan tetap siaga mengantisipasi terjadinya banjir dan memonitoring ketinggian air sungai kampar di perkampungan yang rawan banjir.

"Kami akan terus berkoordinasi dgn Forkopimcam Perhentian Raja dan Perusahaan perkebunan yg ada di wilayah kecamatan Perhentian Raja untuk  siaga dan bekerjasama dalam hal antisipasi banjir maupun penyaluran bantuan  kepada masyarakat yang membutuhkan," tutup Iptu Dadan.