Aparat Terkait Adakan FGD di Buluh Cina Siak Hulu terkait Kelestarian Alam dan Cegah Karlahut




Rabu 19 April 2017 sekira pukul 09.30 wib, di Balai Adat Kenegerian Desa Buluh Cina dilaksanakan acara FGD (Forum Group Discussion) dengan tema "Pentingnya Menjaga Kelestarian Alam Dan Upaya Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Desa Buluh Cina". 

Acara ini dihadiri Kasubdit Binpolmas Direktorat Binmas Polda Riau AKBP Asman Junir, Kepala BKSDA Provinsi Riau yang Diwakili Laskar SE, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau yang diwakili Ir. Evan Sahrul, Kasie Pencegahan Bencana BPBD Kab. Kampar M.Nasir, SE, Kanit Tipiter Sat Reskrim Polres Kampar, Para Kapolsek Rayon Siak Hulu dan Kampar Kiri, Danramil Siak Hulu, Camat Siak Hulu, Kasat Binmas Polres Kampar.

Turut hadir Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas jajaran Polres Kampar, Babinsa Wilayah Siak Hulu, Kepala Desa Siak Hulu, Ninik Mamak Desa Buluh Cina, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Kepala Desa dan Masyarakat Gotong Royong Melawan Api (MPA) Perwakilan Tiap Kecamatan, Tokoh Pemuda dan insan Pers serta tamu undangan yang hadir berjumlah sekitar 150 orang.

Mengawali kegiatan ini Kapolsek Siak Hulu Kompol Vera Taurensa Ss, MH dan Kasubdit Binpolmas AKBP Asman Junir secara bergantian memberikan sambutannya, pada intinya kedua pejabat Kepolisian ini mengapresiasi kegiatan FGD ini sebagai upaya menjaga kelestarian alam dan upaya pencegahan pembakaran lahan.

Selanjutnya penyampaian paparan dari BKSDA Provinsi Riau tentang manfaat hutan bagi kelangsungan hidup dan menghindari perbuatan yang berakibat perubahan kondisi Taman Wisata Alam Buluh Cina, diantaranya illegal logging, perambahan hutan untuk perkebunan /perladangan, pembakaran hutan dan lahan.

Berikutnya paparan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau tentang kerugian akibat karhutla yang sering terjadi dan membuat Rencana Aksi untuk memberantas Karhutla Khususnya di Desa Buluh Cina, larangan membakar hutan dan lahan, pengendalian Karhutla berbasis masyarakat.

Sementara itu dari Sat Reskrim Polres Kampar memaparkan tentang dasar penetapan kawasan hutan Provinsi Riau, dasar hukum atas perbuatan pembakaran Hutan dan Lahan, langkah-langkah penanganan tindak pidana Karhutla yang telah dilaksanakan oleh Polres Kampar.

Terakhir paparan dari BPBD Kab. Kampar tentang data kebakaran Hutan dan Lahan, pelaksanaan kegiatan penanganan Karhutla serta langkah preventif yang dilakukan.

Pada kesempatan ini juga dilakukan sesi tanya jawab antara tokoh masyarakat yang hadir kepada narasumber dari Pemerintahan, pada umumnya mereka mempertanyakan tentang pengelolaan hutan dan pemanfaatan bagi kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan berakhir pada pukul 12.00 wib dan dilanjutkan dengan kegiatan Penandatangan Deklarasi Untuk Menjaga Kelestarian Alam oleh Upika Kec. Siak Hulu, Kades, Ninik Mamak, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta seluruh peserta FGD.

Setelah itu dilanjutkan dengan Launcing Perahu Wisata Kamtibmas oleh Kasubdit Polmas, Kasat Binmas, dan Kapolsek Siak Hulu, kegiatan ini merupakan kerjasama antara Bhabinkamtibmas Desa Buluh Cina Polsek Siak Hulu Bripka Fernando Manurung dengan Ninik Mamak untuk memberdayakan potensi pariwisata di Taman Wisata Alam Desa Buluh Cina, semua rangkaian acara berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.