ARAHAN KAPOLDA RIAU PADA ACARA PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS DLM RANGKA PENERIMAAN TARUNA AKPOL,


Pada Tahun Anggaran 2016, Kepolisian Negara RI memberikan kesempatan kepada putra putri terbaik bangsa khususnya di Provinsi Riau, untuk mengabdi sebagai pelindung, pengayom serta pelayan masy dgn menjadi seorang anggota Polri melalui penerimaan Taruna Akpol, Bintara Polri dan Tamtama Polri T.A. 2016. Untuk tahun ini khusus penerimaan Bintara Polri terdiri dari dua sumber yaitu Penerimaan Bintara Polri tugas umum dan penerimaan Bintara Polri khusus penyidik pembantu dengan latar belakang pendidikan strata satu (S1).

Polda Riau sebagai panitia penerimaan daerah melaksanakan proses penerimaan Taruna Akpol, Bintara Polri dan Tamtama Polri T.A 2016 dimulai dari tahapan kampanye / sosialisasi, tahap pendaftaran, tahap seleksi sampai dengan tahap penetapan kelulusan akhir tingkat panitia daerah (panda). Tahap pendaftaran dimulai dari tgl 7 s/d 30 April 2016 dengan jumlah pendaftar :

1. Taruna Akpol 189 orang (pria 169 orang, wanita 20 orang)
2. Bintara Polri Tugas Umum 1930 orang (pria 1667 orang, wanita 263 orang)
3. Bintara khusus penyidik pembantu 33 orang (pria 31 orang, wanita 2 orang)
4. Tamtama Polri 307 orang.

Dalam seleksi, Panitia Daerah Riau memegang teguh dan menerapkan prinsip seleksi yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis. Panitia Daerah Riau juga menerapkan sistem one day service pada setiap tahapan seleksi yang mana peserta bisa langsung mengetahui hasilnya hari itu juga, dan setiap tahapan seleksi diawasi oleh pengawas internal yang terdiri dari Itwasda Polda Riau dan Bidpropam Polda Riau serta pengawas eksternal dari LSM gerakan masy peduli pendidikan Riau, namun pengawasan tersebut diharapkan juga dilakukan oleh peserta, orang tua / wali peserta dan semua lapisan masyarakat Riau.

Sudah seharusnyalah para peserta penerimaan Taruna Akpol, Bintara Polri dan Tamtama Polri tahun 2016 ini menjadi yang terbaik dan memperoleh nilai yang tinggi pada setiap tahapan seleksi yang ditempuh, karena pada hakikatnya seleksi ini dilakukan untuk mencari yang terbaik diantara yang baik dari seluruh peserta.

Kepolisian Negara RI khususnya Polda Riau ingin mendapatkan calon anggota Polri yang berkualitas baik dari segi kesehatan, psychology, akademik, jasmani dan mental kepribadian.

Melalui acara penanda tanganan pakta integritas ini marilah bersama - sama untuk berkomitmen saling menjaga serta memegang teguh prinsip-prinsip seleksi yg bersih,transparan, akuntabel dan humanis dlm proses seleksi penerimaan anggota Polri T.A 2016.