BAKAR LAHAN UNTUK KEBUN, WARGA KUBANG DITANGKAP POLSEK SIAK HULU


Jajaran Polsek Siak Hulu Resor Kampar berhasil mengamankan seorang terduga pelaku pembakaran lahan seluar 2 Hektar untuk membuat kebun diwilayah desa Kubang Jaya kecamatan Siak Hulu pada Sabtu (2/7) sekira pukul 16.00 WIB.

Tersangka yang diamankan pihak Kepolisian ini adalah LP (LK 42 TH) warga desa Kubang Jaya, yang sengaja membakar lahan milik kerabatnya Dahyar untuk dijadikan ladang oleh pelaku, " hal ini untuk memudahkan pelaku untuk  pembersihan lahan tersebut," jelas Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Sik melalui Kapolsek Siak Hulu Kompol M. Zalukhu, Minggu (3/7).

Lahan kosong itu terletak di Jalan Persawahan desa Kubang Jaya, tepatnya di belakang Kantor Desa Kubang Jaya. " kini pelaku sudah diamankan di Mapolsek Siak Hulu untuk pemeriksaa lebih lanjut," tambah Kapolsek.

Kejadian ini berdasarkan laporan dari salah satu anggota Polri David Gusmanto, " dan langsung dilakukan penyelidikan dan diketahui siapa pelakunya. Pelakunya pun sudah mengakui perbuatannya tersebut," tutur Kapolsek.

Dijelaskan Kapolsek peritiwa ini terjadi sekira pukul 15.00 WIB, saat itu penjaga kolam disamping TKP yang bernama Bahri melihat kobaran api di lahan tersebut.

Kemudian, Bahri langsung menghubungi ketua RT yang bernama Eprizal,  selanjutnya ketua RT menghubungi Babinkamtibmas desa Teratak Buluh Polsek Siak Hulu Brigadir David Gusmanto.

Setelah mendapat laporan tersebut, David bersama Babinsa Auzar  dan ketua RT mendatangi TKP dan melaporkan kepada Kapolsek. " tidak berapa lama,  Kapolsek Siak Hulu Kompol P. Zalukhu bersama Dan Ramil Siak Hulu Kapten Inf. Kasmit langsung  datang ke TKP bersama Tim Damkar, sedangkan Pelaku yang masih di TKP ditangkap bersama barang bukti, jelas Kapolsek".

Setelah dilakukan interogasi terhadap Pelaku, dia mengakui perbuatannya dan kemudian tersangka dibawa ke Polsek Siak Hulu.

Sementara itu, dari Tim gabungan Polsek Siak hulu dan Koramil serta Damkar kabupaten Kampar "secara bersama-sama melakukan pemadaman api, akhirnya  sekira pukul 23.00 WIB, api berhasil dipadamkan" jelasnya. 


Kemudian pagi Minggu (3/7) pagi, Tim Gabungan Polsek dan Koramil kembali lagi ke TKP untuk mematikan sisa api (masih berasap), " hingga pukul 12.00 wib, api dipastikan telah padam. lalu lahan tersebut  diberi Police line, barang bukti jerigen, sepasang baju dan celana bekas bakaran sudah diamankan di mapolsek, " tegas Kapolsek.