BHABINKAMTIBMAS DESA BENCAH KELUBI KEC. TAPUNG DI APRESIASI SEBAGAI KONSULTAN YANG SOLUTIF


.

Penyelesaian perkara itu tidak hanya melalui proses persidangan ke pengadilan, banyak cara yang bisa ditempuh oleh para pihak untuk mencari keadilan, kepastian hukum dan kemanfaatan dari sebuah penyelesaian perkara. 

Sebagaimana halnya pada Hari Selasa, tanggal 18 April 2017 sekira jam 08.30 wib,  Bhabinkamtibmas Desa Bencah Kelubi Bripka. Juni Faisal melakukan Mediasi terkait terjadinya Pencurian yang dilakukan oleh saudara Nur Efendi dirumah korban saudara Supriyanto yang berada di RT.13 RW. 07 Dusun III Desa Bencah Kelubi pada Hari Selasa tanggal 18 April 2017 sekira jam 05.30 wib. 

Adapun perbuatan yang dilakukan pelaku Saudara Nur Efendi tersebut di pergoki langsung oleh korban Supriyanto,  dan karena perbuatannya tersebut diketahui oleh korban,  pelaku bukannya langsung melarikan diri,  namun meninju dan memukuli korban,  dan karena pelaku yang saat itu pakai tutup kepala atau sebo langsung diadakan perlawanan oleh korban,  kemudian istri korban yang menyaksikan langsung perkelahian suaminya dengan pelaku tersebut timbul keberaniannya untuk membantu suaminya,  dan istri korban langsung memukulkan kayu broti pada kepala pelaku,  kemudian pelaku tetap melakukan perlawanan sehingga istri korban minta tolong kepada tetangganya,  dan setelah tetangganya yang bernama Adi datang kerumah korban,  pelaku bisa ditangkap,  dan setelah sebo dibuka ternyata pelaku tersebut juga tetangga korban yang bernama Nur Efendi,  kemudian pelaku minta maaf, dan setelah diberitahukan oleh korban kepada Ketua RT.13 saudara Adian Sari,  kemudian Ketua RT memberitahukan hal tersebut kepada Bhabinkamtibmas,  kemudian selanjutnya Bhabinkamtibmas dan Ketua RT langsung mempertemukan Kedua Belah Pihak,  dan kemudian Kedua Belah sepakat untuk melakukan perdamaian dan tidak dilanjutkan ke proses Hukum.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kapolres Kampar Akbp. Edy Sumardi Priadinata, S.ik, melalui Kapolsek Tapung Kompol. Darmawan, SH., MH, bahwa kegiatan Bhabinkamtibmas Desa Bencah Kelubi tersebut merupakan langkah-langkah yang sangat positif dan sangat bermanfaat bagi para pihak, dan sangat mengandung nilai-nilai keadilan, karena penyelesaian tersebut ditempuh melalui kesepakatan, jadi tidak ada yang merasa dirugikan, tetapi kedua belah pihak sama-sama diuntungkan, karena terjalinnya kembali silaturahmi yang baik diantara mereka, pungkas Kapolsek.