Bhabinkamtibmas Minta Warga dan Pedagang Waspadai Beredarnya Upal




KAMPAR (JarNas) - Bhabinkamtibmas Polsek Tapung Hilir, Bripka Imam.S. SH menghimbau kepada masyarakat dan pedagang agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap peredaran Uang Palsu (Upal) menjelang bulan puasa ramadhan dan hari raya Idhul Fitri 1438 H.

"Banyak aksi kejahatan terjadi disaat bulan puasa dan idul fitri, diantaranya waspadai beredarnya uang palsu, bagi masyarakat saat menerima uang dan pedagang," kata dia.

Dia menjelaskan bahwa transaksi Upal ini biasanya terjadi pada sore atau malam hari pada saat berbelanja di warung dan tempat lain.

"Uang yang asli lebih licin dibandingkan dengan Upal, dan cara sederhana untuk membedakannya lakukan 3D, diraba, diterawang dan dirasa," ujar Bhabinkamtibmas Desa Tapung Makmur ini.

Dia juga menambahkan pengeluaran Uang Bank Indonesia yang baru juga masih banyak masyarakat yang belum paham dengan ciri khusus uang baru itu.

Salah seorang pedagang Pulsa M-Kios, Iska menyambut baik himbauan Kamtibmas yang di sampaikan Bhabinkamtibmas sehingga masyarakat lebih waspada terhadap peredaran uang palsu menjelang bulan Puasa dan Idhul Fitri 1438 H ini.

Kapolsek Tapung Hilir, AKP Rengga Puspo Sip. MH. Sik menghimbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dalam melakukan transaksi keuangan tidak menutup kemungkinan para pelaku memanfaat keteledoran dari para pedagang pasar. 

Disamping itu lanjutnya, apabila mengambil uang dalam jumlah besar diharapkan meminta pengamanan dari pihak yang berwajib. (Netty)