Bhabinkamtibmas Polsek Siak Hulu Brigadir Riko Lakukan Problem Solving Warga


 

 
SIAK HULU - Selasa 17 Oktober 2017 sekira pukul 07.30 Wib, Bhabinkamtibmas Desa Tanah Merah Polsek Siak Hulu Brigadir Riko Masri, lakukan problem solving warga atas dugaan pelanggaran asusila yang terjadi di Desa Binaannya yang dilaporkan oleh warga masyarakat.

Berkat upaya mediasi yang dilakukan anggota Bhabinkamtibmas ini, permasalahan warga yang terjadi di Desa Binaannya dapat terselesaikan dengan kesepakatan damai dan diterima oleh masing-masing pihak. 

Awalnya Brigadir Riko mendapat laporan dari warga yang resah melalui ketua RT sdr. Kelian Ramos bahwa di salahsatu rumah kos di Rt 04 Rw 07 Desa Tanah Merah, penghuni kosnya pulang pagi dan membawa teman perempuan ke dalam rumah kos dan menghidupkan musik dengan suara keras sehingga warga lainnya merasa terganggu.

Atas laporan itu Bhabinkamtibmas Desa Tanah Merah Brigadir Riko bersama ketua RT sdr. Kelian Ramos beserta tokoh masyarakat sdr. Amin, tokoh pemuda sdr. Edi tanjung dan sdr. Khairul mendatangi tempat Kos tersebut.

Mereka lantas memanggil penghuni kos yang berada dalam rumah tersebut yaitu sdr. Erik, Eko, Apen, Gusti serta sdr. Dilla yang tengah berada di dalam Mobil sambil menghidupkan suara musik yang keras, kepada penghuni kos ini disampaikan keluhan dan keresahan warga atas perbuatan dan tingkah laku mereka. 

Untuk menghindari konflik antar warga ini, Brigadir Riko kemudian melakukan mediasi guna menyelesaikan permasalahan ini agar tidak berlanjut dan terselesaikan secara baik-baik.

Akhirnya dicapai kesepakatan kedua belah pihak tidak melanjutan perkara ini karena telah saling memaafkan, warga meminta agar penghuni kos ini tidak mengulangi perbuatannya yang dituangkan dalam surat pernyataan yang ditandatangani bersama.

Kedua belah pihak juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bhabinkamtibmas yang telah melakukan mediasi atas masalah ini sehingga terselesaikan secara baik. 

Kapolsek Siak Hulu Kompol Vera Taurensa Ss, MH saat dikonfirmasi menyampaikan, bahwa upaya mediasi yang dilakukan anggotanya ini merupakan bentuk Restorative Justice, yaitu penyelesaian masalah dengan memenuhi rasa keadilan bagi semua pihak yang terlibat. 

Selain itu Kapolsek berharap hal ini juga dapat berkontribusi bagi terciptanya stabilitas kamtibmas di wilayahnya.