CEGAH PAHAM RADIKALISME KASAT BINMAS SOSIALISASIKAN PENTINGNYA HIDUP RUKUN UMAT BERAGAMA



 
Kamis 23 Maret 2017, sekitar pukul 09.00 wib Kasat Binmas Polres Kampar AKP Rengga Puspo Saputro SIP MH SIK melakukan sosialisasi paham radikalisme di tengah-tengah masyarakat.

Dalam kegiatan ini Kasat Binmas Polres Kampar AKP Rengga Puspo Saputro SIP MH SIK melakukan pencegahan paham radikalisme dengan cara sosialisasikan pentingnya hidup rukun antar umat beragama.

Kegiatan ini berlangsung di aula kantor Kepala Desa Kubang Jaya dan dihadiri oleh Sekretaris Desa Masriyanto Muis, Kanit Patroli Siak Hulu AKP Ulul Azmi, Bidan Desa Kubang Jaya, Toga, Tomas, Todat, Toda dan Ninik Mamak serta Perangkat Desa Kubang Jaya.

Dalam sosialisasinya Kasat Binmas Polres Kampar menekan tentang paham radikalisme, paham radikalisme ini adalah dimana suatu orang menganggap agamanya lah yang paling benar dan agama orang lain itu salah semua, bisa dikatakan terlalu membenarkan ajaran agamanya.

Dan cikal bakal terjadinya Terorisme adalah mulai dari paham radikalisme, yaitu berawal dari kefanatikan dan berfikir bahwa agamanya lah yang paling benar dan mereka pun menghasut dan membujuk seseoarang untuk bergabung di forumnya tersebut.

Dan tanda-tanda terjadinya paham radikalisme tersebut adalah apabila ada disuatu tempat ada sekomunitas yang membangun tempat ibadah tersendiri, yang beribadah hanya kelompok-kelompok itu saja dan tidak boleh ada warga lain yang beribadah disana.

Selain itu untuk mencegah paham radikalisme dan terorisme kita itu harus saling menjaga toleransi terhadap umat beragama, seperti apabila warga muslim melaksanakan sholat atau yasinan, warga yang lainnya menghormati umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah, begitupun sebaliknya.

Selain itu upaya kami dalam mencegah paham radikalisme yaitu kami memberikan sosialisasi-sosialisasi ke tempat-tempat ibadah dan sekolah.

SekDes Kubang Jaya mengatakan "sangat berterimakasih kepada pihak kepolisian khususnya dari Sat Binmas Polres Kampar yang telah perduli terhadap warganya dan selalu memberikan sosialisasi dan himbauan yang memberi pengetahuan kita bersama" ujarnya.

Dan salah satu warga mengatakan " sangat berterima kasih kepada Kasat Binmas Polres Kampar yang sudah memberikan penjelasan terhadap paham radikalisme tersebut " ujarnya.