DUA ORANG ANGGOTA POLRES KAMPAR DI SIDANG KKEP




Senin 07/03/2017 Pukul 10.00 Wib Waka Polres Kampar Kompol Basa Emden Banjarnahor, S.I.K selaku Ketua Sidang KKEP (komisi kode etik polri) melakukan Sidang KKEP terhadap 2 orang Anggota Polri Polres Kampar dalam perkara tidak masuk dinas lebih dari 30 hari kerja secara berturut-turut bertempat  di Ruang Data Polres Kampar. Adapun ke dua anggota Polres Kampar tersebut adalah Brigadir (A) Anggota Sat Sabhara Polres Kampar dan Briptu (F) Anggota Sitipol Polres Kampar. 

Brigadir (A) dan Briptu (F) melakukan Pelanggaran Pasal 14 Ayat 1 huruf (a) PPRI (peraturan pemerintah republik indonesia) No. 1 tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri, yang berbunyi "Anggota Polri dapat diberhentikan secara tidak hormat dari kedinasan apabila meninggalkan tugasnya lebih dari 30 (tiga puluh) hari kerja secara berturut-turut". 

Adapun sebagai Perangkat Sidang KKEP tersebut yaitu Waka Polres Kampar Selaku Ketua Komisi Sidang didampingi oleh Kabag Ops Polres Kampar Kompol Suratman dan Akp Imran Rangkuti selaku Pendamping Ketua Komisi Sidang, Sekretaris Iptu Khairulnas, Pendamping Terduga Pelanggar Bripka Aldy Misra, SH, Penuntut Kasi Propam Polres Kampar Iptu Jurfredi,SH beserta Anggota Provos Polres Kampar, dan hadir sebagai pengunjung sidang adalah personil Polres Kampar. 

Dalam Sidang KKEP tingkat pertama ini hanya pembacaan Persangkaan oleh Penuntut dan Pemeriksaan Terduga Pelanggar dan pemeriksaan para saksi oleh Ketua Komisi Sidang.

Sidang KKEP tersebut dilaksanakan sebanyak 3 kali tahapan dan Pada tahap kedua nanti pembacaan Klaim oleh penuntut kemudian pada tahapan yg ke tiga pembacaan putusan oleh Ketua Komisi sidang KKEP.

Tujuan persidangan ini tidak semata-mata untuk menjatuhkan hukuman kepada Anggota yang bersalah saja namun, bertujuan untuk mendidik dan sebagai suatu proses penegakan hukum yang Profesional bagi Anggota yang bersangkutan agar dapat menimbulkan efek jera, baik dalam sikap dan prilakuknya dalam lingkup kedinasan maupun luar kedinasan.