GELAR ACARA NUSANTARA BERSATU, RIBUAN PESERTA PENUHI LAPANGAN PELAJAR BANGKINANG




Rabu 30 November 2016 pagi, di Lapangan Pelajar Bangkinang Kabupaten Kampar dilaksanakan Acara Nusantara Bersatu dengan thema "IndonesiaKu, IndonesiaMu, Indonesia Kita Bersama".

Acara ini dihadiri Bupati Kampar H. Jefri Noer SH, Dandim 0313 KPR Letkol Kav Yudi Prasetyo SiP, Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK, Wadan Yonif 132 BS Mayor Inf Harmen Koto, Perwakilan DPRD Kampar beserta anggota Forkopimda Kampar lainnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat se-Kabupaten Kampar, Personil TNI dari Kodim 0313 KPR dan Yonif 132 BS, Polres Kampar, ASN Jajaran Pemda Kampar, Pelajar dan mahasiswa serta beberapa organisasi Kepemudaan.

Mengawali kegiatan ini, seluruh peserta menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan dengan khidmat oleh seluruh peserta.

Selanjutnya secara berturut-turut menyampaikan Orasi Kebangsaan serta puisi yang berthemakan Nasionalisme yang dimulai oleh Bupati Kampar H. Jefri Noer SH, dilanjutkan Dandim 0313 / KPR Letkol Kav Yudi Prasetyo SiP, Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK, Wadan Yonif 132 BS Mayor Inf Harmen Koto, Wakil Ketua MUI sekaligus Ketua FKUB H. Zulhermis SH, dari DPRD Kampar yang diwakili Sdr. Agus Chandra dan terakhir dari salahsatu Tokoh Masyarakat Kampar Ir. Abdul Gafar.

Usai penyampaian Orasi Kebangsaan, ditampilkan paduan suara dari pelajar SLTA dan SLTP Kampar yang menyanyikan beberapa lagu Nasional.

Selanjutnya pembacaan Puisi "Negeriku" oleh salahsatu pelajar SD negeri 005 Bangkinang dan dilanjutkan penampilan tari dan kesenian daerah oleh pelajar dan seniman Kampar serta penampilan atraksi oleh Polisi Cilik binaan Polres Kampar.

Ribuan peserta memadati lapangan Pelajar Kota Bangkinang ini dan mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan jiwa nasionalisme yang tinggi, penyampaian orasi kebangsaaan dan puisi berthemakan nasionalisme oleh Forkopimda Kampar ini telah membangkitkan semangat Kebangsaan seluruh peserta kegiatan Nusantara Bersatu ini.

Pada intinya kegiatan ini bertujuan untuk mempererat Kesatuan dan Persatuan Bangsa serta memperkokoh rasa Kebangsaan dengan mengedepankan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, "Mari jadikan Khebhinekaan sebagai kekuatan bangsa untuk NKRI yang jaya", demikian pesan yang disampaikan dalam acara ini.

Pada kesempatan ini juga diadakan Pameran Alutsista dari Jajaran TNI dan Polres Kampar serta penampilan Marching Band Satpol PP Kampar.

Semua rangkaian acara berlangsung dengan dengan aman, tertib dan khidmat, usai acara pokok semua peserta berbaur dengan akrab menggambarkan Kebhinekaan bangsa Indonesia.