HIMBAUAN KAPOLRES KAMPAR UNTUK MENCEGAH DAN MENGHINDARI PELAKU KEJAHATAN


Bangkinang Sabtu 25 Juni 2016, Menyikapi eskalasi kejahatan yang cendrung meningkat disaat menjelang perayaan Idul Fitri, Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk waspada terhadap aksi kejahatan.

Jumlah personil Polri yang sangat terbatas dan belum ideal dengan rasio jumlah penduduk serta wilayah yang luas memerlukan langkah-langkah antisipasi yang perlu diketahui oleh masyarakat. 

Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian masyarakat untuk mencegah atau mengatisipasi pelaku kejahatan ini antara lain adalah :

1. Mintalah bantuan petugas Kepolisian untuk pengawalan bila anda membawa uang dalam jumlah besar.

2. Untuk perusahaan atau KUD yang akan membagikan uang THR, gajian dan sebagainya agar memberitahu dan meminta bantuan pihak Kepolisian untuk pengamanannya.

3. Warga masyarakat yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong saat beribadah ke Mesjid agar memperhatikan keamanan rumahnya dengan mengunci pintu rumah secara baik dan menghidupkan lampu penerang yang cukup diluar rumah pada malam hari. 

4. Bagi yang meninggalkan rumah saat mudik ke kampung halaman, selain melakukan hal diatas perlu melakukan langkah lainnya dengan menitipkan rumah pada tetangga yang tidak mudik ataupun petugas keamanan lingkungan. Barang-barang berharga dan surat ataupun dokumen penting agar tidak ditinggal dirumah yang kosong.

5. Kepada ibu ibu atau kaum wanita lainnya untuk tidak memakai perhiasan yang berlebihan saat kepasar dan sebagainya agar tidak mengundang pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya.

6. Untuk menghindari begal atau pelaku jambret disaat mengendarai sepeda motor agar tidak menggunakan tas tangan atau sandang yang digantung pada sepeda motor, sebaiknya barang tersebut disimpan pada box dibawah jok sepeda motornya.

7. Bila dalam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi ada orang yang mencurigakan sedang menguntit anda, segera cari tempat keramaian untuk berhenti atau masuk ke pekarangan rumah serta kantor yang ada orang disekitar tempat tersebut.

8. Bila dalam perjalanan tiba-tiba ban mobil anda kempes, jangan buru-buru keluar kendaraan, usahakan berhenti pada tempat ramai bila memungkinkan atau setidaknya kunci central lock mobil anda dan pantau keadaan disekitarnya serta hubungi bantuan rekan anda melalui HP.

9. Bila anda menemukan atau mendapatkan informasi terkait pelaku kejahatan ataupun hal-hal yang mencurigakan agar tidak ragu-ragu melaporkan atau menghubungi pihak Kepolisian untuk ditindaklanjuti, untuk Polres Kampar bisa menghubungi nomor telepon Ka SPKT dengan nomor 0811-751974.

Semoga langkah langkah ini dapat menghindarkan anda dari upaya pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya terhadap anda.