Hujan Lebat Akibatkan Banjir di Gading Marpoyan, Warga Dihimbau Tidak Buang Sampah Sembarangan




SIAK HULU Selasa (18/4/2017), hujan lebat yang mengguyur wilayah Kota Pekanbaru dan sebagian wilayah Kab. Kampar pagi tadi, mengakibatkan banjir yang menggenangi Perumahan Gading Marpoyan wilayah Desa Pandau Jaya Kec. Siak Hulu Kab. Kampar.

Genangan air ini berasal dari luapan parit / drainase yang berada di depan kampus UIR melewati perumahan warga sekitarnya, dengan ketinggian air sekitar 50 cm.

Banjir dadakan ini sempat membuat warga panik karena sebelumnya tidak pernah terjadi, penyebabnya diduga karena parit banyak sampahnya sehingga aliran air tidak lancar.

Kapolsek Siak Hulu yang mendapat informasi adanya banjir ini segera menurunkan anggotanya ke lokasi, beberapa anggota Polsek Siak Hulu langsung mengalihkan arus lalulintas pada jalan Gading Marpoyan yang tergenang air ini, selain itu mereka juga membantu warga yang mengevakuasi barang-barangnya.

Banjir ini ini tidak berlangsung lama, karena beberapa jam kemudian dan setelah hujan reda, kawasan ini kembali normal.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK melalui Kapolsek Siak Hulu Kompol Vera Taurensa Ss, MH didampingi Waka Polsek AKP Wan Mantazakka saat dikonfirmasi membenarkan kejadian ini, disampaikan Kapolsek bahwa banjir ini diduga terjadi karena banyaknya sampah pada parit saluran air, untuk itu dihimbau kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan.

Ditambahkan Kapolsek bahwa tidak ada korban jiwa atas kejadian ini, kerugian materil diperkirakan juga relatif kecil karena genangan air tidak berlangsung lama.