Jajaran Polres Kampar Kembali Gelar Operasi Cipkon Diakhir Pekan




Untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas dan tindak kejahatan serta pemeliharaan stabilitas kamtibmas pada akhir pekan ini, Polres Kampar dan Polsek Jajarannya kembali menggelar Ops Cipkon (Cipta Kondusif) serentak pada malam Minggu (29/4/2017).

Adapun yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini antara lain tindak pidana 3C (Curat, Curas, Curanmor), peredaran Narkotika dan Miras, penggunaan senjata api dan senjata tajam, perjudian, prostitusi dan balap liar.

Untuk di Polres Kampar kegiatan Ops Cipkon ini dilaksanakan oleh anggota Pleton Siaga Polres yang dipimpin Perwira Pengawas AKP Y.E. Bambang Dewanto SH bersama Iptu Riza Effyandi.

Pelaksanaan Ops Cipkon kali ini dengan melakukan patroli dialogis kesejumlah sasaran Patroli disekitaran kota Bangkinang, antara lain Taman Kota, Bank dan ATM, Perkantoran Pemerintah, pemukiman serta tempat-tempat keramaian.

Terpantau saat melaksanakan patroli dialogis disekitaran taman Kota Bangkinang, para personil Polres Kampar ini tengah memberikan arahan kepada para pemuda yang mangkal ditempat itu, agar tidak melakukan balap liar serta perbuatan lain yang mengganggu ketentraman umum.

Beberapa Polsek Jajaran Polres Kampar juga menggelar kegiatan serupa diwilayahnya masing masing, terpantau Polsek Tapung Hilir juga menggelar Ops Cipkon yang dipimpin langsung Kapolseknya AKP Rengga Puspo Saputro SiK, mereka merazia kafe-kafe yang ada di sepanjang jalan lintas Petapahan - Kotagaro. 

Dalam kegiatan ini sempat diamankan 10 orang pengunjung kafe yang sedang mengkonsumsi minuman tradisional jenis tuak, mereka dibawa ke Polsek untuk dilakukan pembinaan agar tidak mengulangi ini.

Polsek Bangkinang Kota juga terpantau melakukan kegiatan Ops Cipkon ini dengan mengunjungi beberapa Pos Kamling dipemukiman warga serta memberikan arahan tentang pelaksanaan tugasnya serta berkoordinasi dengan pihak Kepolisian bila memerlukan bantuan.

Selain itu anggota Polsek Bangkinang Kota ini juga melakukan patroli di Jalan lingkar Bangkinang untuk mencegah kegiatan balap liar.

Beberapa Polsek lainnya disaat bersamaan juga masih menggelar kegiatan serupa hingga tengah malam.

Secara umum pelaksanaan Ops Cipkon Jajaran Polres Kampar ini berlangsung dengan aman, tertib dan lancar dan telah berkontribusi bagi terciptanya stabilitas Kamtibmas.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK saat dikonfirmasi terkait kegiatan ini menyampaikan, bahwa kegiatan Ops Cipkon serentak ini memang sudah diagendakan untuk dilaksanakan setiap akhir pekan maupun pada waktu-waktu tertentu sesuai kalender kamtibmas.

Ditambahkan Kapolres bahwa dengan adanya pergelaran anggota Kepolisian ditengah masyarakat ini, diharapkan dapat menciptakan situasi aman dan kondusif serta kenyamanan bagi masyarakat luas, jelas Kapolres.