Kapolda Riau bersama Danrem, Kabinda, Ketua KPU dan Bawaslu Riau Tinjau TPS di Kec. Tapung




Tapung - Rabu (27/6/2018) sekira pukul 14.00 Wib, Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Nandang MH bersama Danrem 031 / Wirabima Brigjen TNI Sonny Aprianto SE, MM, Kabinda Riau Marsma TNI Rakhman Haryadi SA, MBA, M.Sc, NSS, Ketua KPU Prov. Riau Nurhamin SPT, MH, Ketua Bawaslu Prov. Riau Rusidi Rusdan, S.Ag, M.Pdi serta Kabid Humas AKBP Sunarto meninjau pelaksanaan pemungutan suara di beberapa TPS di wilayah Kec. Tapung Kab. Kampar.

Delegasi Kapolda Riau ini datang ke wilayah Tapung Kampar menggunakan transportasi Helikopter dan mendarat melalui Heliped Pt. Chevron adalah daerah Petapahan, sebelum Tapung dari delegasi Riau Kapolda juga melakukan observasi di Indragiri Hilir dan Kabupaten Siak.

Kedatangan Kapolda Riau dan rombongan disambut Kapolres Kampar, AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK, MH, Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH, Dandim 0313 / KPR Letkol Inf Beny Setianto, Kajari Kampar Dwi Antoro MH, Ketua Panwaslu Kampar Marhaliman SE, Kapolsek Tapung Kompol Indra Rusdi SH dan Danramil Tapung Bayi Capt. Taufik. 

Selanjutnya rombongan dengan menggunakan transportasi darat menuju TPS 14 di Desa Petapahan yang saat itu sedang berlangsung proses penghitungan suara, Kapolda Riau dan rombongan menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi dengan anggota KPPS serta warga masyarakat yang hadir menyaksikan proses penghitungan suara di TPS 14 ini.

Peninjauan dilanjutkan ke TPS 5 di Desa Sumber Makmur, dilokasi ini Kapolda dan rombongan juga bertatap muka dan bersilaturahmi dengan petugas KPPS serta warga masyarakat, selain itu Kapolda juga melakukan wawancara dengan awak media yang meliput kunjungan ini dan menyampaikan bahwa sampai saat ini secara umum pelaksanaan Pilkada Gubernur Riau berlangsung dengan aman dan lancar.

Saat ditanyakan tentang tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada ini disampaikan Kapolda bahwa dari sejumlah TPS yang dikunjungi dibeberapa daerah memang terlihat adanya penurunan persentase partisipasi pemilih, dijelaskan Kapolda bahwa hal ini mungkin disebabkan beberapa hal antara lain ketatnya pengawasan money politic serta kemungkinan juga karena faktor cuaca yang sejak fajar di sebagian besar Provinsi Riau di musim hujan.

Penyebab lain menurunnya partisipasi masyarakat adalah karena banyaknya orang yang belum pulang dari rumah untuk tinggal di halaman dan juga suasana liburan sekolah, jelas Kapolda.

Kunjungan Kapolda Riau beserta rombongan untuk pengecekan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada di wilayah Kecamatan Tapung Kampar ini berakhir pukul 15.45 wib dan selanjutnya rombongan kembali ke heliped PT. Chevron Petapahan untuk persiapan kembali ke Pekanbaru.

Polisi dan rombongan Riau dilepas oleh Forkopimda Kampar dari Heliped PT. Chevron di Petapahan, seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan aman dan lancar.