KAPOLRES KAMPAR DIDAMPINGI DANDIM PIMPIN RAPAT PERSIAPAN PENGAMANAN PILKADA KAMPAR TAHUN 2017




Senin 13 Februari 2017 pagi, di Gedung Serbaguna Polres Kampar dilaksanakan Rapat Persiapan Pengamanan Pilkada Kab. Kampar tahun 2017.

Rapat ini dipimpin langsung Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK didampingi Dandim 0313 / KPR Letkol Kav Yudi Prasetyo SiP, Wadanyon Kapten Infanteri Super Kembaren yang mewakili Danyon 132/ BS, Inspektur Pembantu Kab. Kampar A. Syadi ST, MT yang mewakili Bupati Kampar.6

Rapat ini juga dihadiri Pejajat Utama Polres Kampar dan Kapolsek Jajaran, Kasdim, Pasi Intel beserta Danramil sejajaran Kodim 0313/ KPR, Kasat Pol PP Kampar serta Kasium Polsek Jajaran.

Kapolres Kampar dalam sambutannya menyampaikan bahwa rapat ini juga sebagai kegiatan silaturahmi dan penguatan kelembagaan serta sinergitas dalam rangka persiapan Pilkada Kab. Kampar.

Pada kesempatan ini Kapolres juga memaparkan tentang indeks kerawanan Pilkada, terdiri dari 3 level yaitu Kerawanan rendah, sedang dan tinggi berdasarkan standar kriteria yang telah ditentukan, dimana dalam hal ini Kab. Kampar termasuk kategori kerawanan rendah.

Kapolres juga menjelaskan delapan indikator keberhasilan pelaksanaan Pilkada, yaitu :

1. Semua tahapan Pilkada terlaksana tepat waktu, sesuai rencana dan teratur.

2. Penyelenggara bekerja secara profesional dan independen sesuai aturan perUndang-undangan.

3. Menghasilkan Pimpinan yang berkualitas dan amanah.

4. Peran Pemerintah dan penyelenggara yang netral.

5. Tingginya animo dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada.

6. Kepercayaan terhadap proses hukum terhadap penyelesaian permasalahan Pilkada.

7. Terselenggaranya Pilkada yang aman, damai tanpa ada intimidasi dari pihak manapun.

8. Semua kandidat dapat menerima hasil Pilkada.

Kapolres juga mengajak kepada seluruh stake holder terkait dan semua aparat keamanan dari semua Satuan yang terlibat dalam Pilkada Kab. Kampar ini, untuk bekerja secara profesional yang mengacu kepada peraturan dan perUndang-undangan yang berlaku serta konsisten untuk menjaga netralitasnya.

Terakhir disampaikan Kapolres agar semua personil melaksanakan tugas pengamanan dan memahami tugas dan tanggungjawabnya serta laksanakan tugas dengan tegas namun humanis.

Selanjutnya Kasat Intel Polres Kampar AKP Edi Junaidi memaparkan tentang potensi kerawanan serta upaya-upaya penanganan dan penyelesaian yang telah dilakukan satuan tugas terkait.

Lebih lanjut dijelaskan Kasat Intel bahwa segala permasalahan terkait penyelenggaraan Pilkada Kampar tahun 2017 ini, telah ditangani oleh pihak penyelenggara maupun satgas terkait.

Pada kesempatan ini Kasat Reskrim juga menyampaikan paparan tentang mekanisme penyelesaian permasalahan dan pelanggaran Pilkada.

Dijelaskan Kasat Reskrim bahwa terkait masalah administrasi seperti kesalahan DPT adalah kewenangan KPU dan Panwas, sementara untuk dugaan Tindak Pidana Pilkada penangannya dimulai dari Panwas dan diteruskan ke Sentra Gakkumdu.

Hingga saat ini dari beberapa permasalahan dan dugaan pelanggaran Pilkada yang ditemukan dan dilaporkan ke Panwas, hanya 4 yang diteruskan ke Sentra Gakkumdu, dan dari hasil tindak lanjutnya belum ada yang memenuhi unsur tindak pidana Pilkada.

Pada kesempatan ini juga diadakan Forum Diskusi yang diawali dengan penyampaian masukan dari Dandim 0313 KPR, yang menjelaskan bahwa salah satu tugas pokok TNI adalah membantu pihak Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Terkait pelaksanaan Pilkada Kampar tahun 2017 ini, jajaran TNI senantiasa siap mendukung Polri dalam mengawal dan mengamankan pelaksanaan Pilkada, mari tingkatkan sinergitas hingga ke level terendah untuk kesuksesan pelaksanaan tugas dan tanggungjawab secara bersama.

Menutup kegiatan ini, Kapolres Kampar menyampaikan beberapa penekanan yang mengacu kepada perintah Pimpinan Polri, untuk menyukseskan Pilkada Serentak ini dengan mengantisipasi potensi kerawanan, lakukan persiapan pengamanan dengan baik, jalin kerjasama dan sinetgitas dengan semua stake holder terkait, jangan under estimate dan pahami strategi bertindak serta bangun kemitraan dengan instansi terkait.

Terakhir disampaikan bahwa kunci sukses adalah "Sinergitas dan Solidaritas", mari laksanakan tugas dan tanggungjawab secara maksimal dan sukses melalui kebersamaan.

Kegiatan ini berakhir pada pukul 14.30 wib, dan semua rangkaian kegiatan berjalan dengan aman, tertib dan lancar.