KAPOLRES KAMPAR PIMPIN APEL KESIAPSIAGAAN STABILITAS KAMTIBMAS DAN KEUTUHAN NKRI


Kamis 24 November 2016 pukul 08.00 wib, di lapangan upacara Mapolres Kampar dilaksanakan Apel Kesiapsiagaan dalam 
rangka Stabilitas Kamtibmas dan Menjaga Keutuhan NKRI di Kabupaten Kampar.

Pelaksanaan Apel Kesiapsiagaan ini dipimpin langsung Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK dan dihadiri Wadan Yon Mayor Inf Harmen Koto mewakili Danyon 132 Bimasakti, Pasi Ops Kapten Inf M. Fadhil mewakili Dandim 0313 KPR, Kakan Satpol PP Kampar Drs. M. Jamil.

Peserta Apel terdiri dari personil Polres Kampar beserta Perwakilan Personil Polsek Jajaran, Anggota TNI dari Kodim 0313 KPR dan Yonif 132 Bimasakti serta anggota Satpol PP Kampar.

Kapolres Kampar selaku Pimpinan Apel membacakan amanat tertulis Kapolda Riau yang menyampaikan bahwa secara umum situasi dan kondisi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Riau saat ini masih aman dan kondusif, hal ini dapat terlihat dari berbagai aktivitas masyarakat dan pembangunan yang berjalan secara normal. Situasi ini bukanlah semata-mata hasil dari usaha Polri dan pihak keamanan saja, akan tetapi merupakan kontribusi dari seluruh elemen masyarakat di Provinsi Riau.

Sebagaimana diketahui bahwa beberapa waktu lalu kita telah menerima penyampaian pendapat dari saudara-saudara kita kaum muslimin melalui kegiatan unjuk rasa damai yang berkaitan dengan dugaan penistaan terhadap agama islam, hal ini patut kita syukuri karena selama berangsungnya kegiatan tersebut telah dapat berjalan dengan aman dan tertib dikarenakan adanya sikap saling menghormati serta menjaga keamanan bersama antara Polri serta seluruh stake holders dan peserta aksi damai.

Kapolda mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak, para alim ulama, tokoh agama, tokoh adat, pimpinan ormas dan tokoh pemuda serta pihak-pihak lain yang tidak bisa ddisebutkan satu persatu atas kerjasamanya mempercayakan kepada Polri dalam menjaga stabilitas Kamtibmas.

Lebih lanjut disampaikan Kapolda bahwa penyampaian pendapat dimuka umum dijamin oleh Undang-undang nomor 9 tahun 2009, akan tetapi penyampaian pendapat haruslah dilaksanakan sesuai dengan aturan, beretika dan tanpa menimbulkan kerugian bagi orang lain serta tidak mengganggu ketertiban umum sehingga aktivitas masyarakat dapat tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Pada kesempatan ini Kapolda Riau mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di Provinsi Riau dan tidak terpengaruh dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab yang dapat mengganggu ketentraman dan berpotensi memecah belah NKRI guna kepentingan kelompok tertentu.

Apabila ada pihak-pihak yang berupaya mengganggu keamanan dan ketertiban di masyarakat serta berlanjut kepada terganggunya kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, maka Polri bersama TNI dibantu seluruh komponen masyarakat akan menindak tegas berdasarkan peraturan perUndang-undangan yang berlaku.

Mengakhiri amanatnya Kapolda Riau menyampaikan beberapa hal sebagai pedoman bagi aparat keamanan dalam memberikan pelayanan dan pengamanan pada kegiatan unjuk rasa yang akan disampaikan oleh saudara kita sebagai berikut :

1. Tingkatkan keamanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT hujan yang maha esa sebagai landasan dalam pelaksanaan tugas.

2. Siapkan diri dan kuasai peraturan perUndang-undangan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas pengamanan dan hindari terjadinya pelanggaran HAM.

3. Jaga soliditas dan kebersamaan diantara kita sebagai modal dasar dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

4. Jaga dan tingkatkan dusiplin selaku anggota Polri, TNI serta pemerintah dalam melaksanakan setiap kegiatan pengamanan, serta berikan pelayanan terbaik bagi saudara-saudara kita yang akan menyampaikan pendapat dan aspirasinya.

Semua rangkaian kegiatan Apel Kesiapsiagaan ini berlangsung dengan khidmat, tertib dan lancar.

Selesai pelaksanaan Apel Kesiapsiagaan ini, Kapolres Kampar memberikan motivasi dengan mengajak seluruh peserta apel dengan meneriakkan yel-yel "NKRI Harga Mati, NKRI Yes".

Mengakhiri rangkaian acara ini, Kapolres Kampar menyampaikan "Salam Promoter" dan Kampar TAAT "Tertib, Aman, Agamis, Terkendali".