KAPOLRES KAMPAR PIMPIN APEL PENANGGULANGAN KARLAHUT DIRIMBO PANJANG



Kamis 21 Juli 2016 sekira pukul 10.45 wib bertempat di Dusun II Desa Rimbo Panjang, dilaksanakan Apel Gabungan Satgas penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) wilayah Kabupaten Kampar.

Pelaksanaan apel dipimpin Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK yang dihadiri Kasdim 0313/ KPR Mayor Inf Gunawan mewakili Dandim, Upika kecamatan Tambang, Para Kasat Polres Kampar serta Kepala Desa Rimbo Panjang.

Sementara itu peserta apel dari personil yang tergabung dalam beberapa Satgas penanganan karlahut antara lain Satgas Monitoring, Satgas Sosialisasi, Satgas Tindak dan Satgas Pemadaman yang terdiri dari 86 personil Polres Kampar, 1 Pleton anggota Koramil Kampar, Anggota BPBD beserta Damkar Pemda Kampar, Sat Pol PP Kecamatan Tambang, Tim Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA) desa Rimbo Panjang dengan jumlah keseluruhan sekitar 200 orang.

Pelaksanaan apel gabungan satgas penanganan Karlahut ini juga dilaksanakan dalam rangka persiapan kunjungan Wakil Presiden RI Prof. Jusuf Kalla ke daerah Riau untuk menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diadakan di kabupaten Siak, kegiatan ini berkaitan dengan kesiapan wilayah untuk mengantisipasi segala sesuatunya untuk kelancaran kunjungan Wakil Presiden di wilayah Provinsi Riau.

Kapolres Kampar dalam arahannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh personil yang tergabung dalam Satgas penanganan dan pencegahan karlahut wilayah kabupaten Kampar, yang telah bekerja secara optimal sehingga memberikan kontribusi bagi berkurangnya kejadian kebakaran lahan yang dibuktikan dengan rendahnya titik hot spot yang terpantau di wilayah kabupaten Kampar sejak tahun 2016 ini.

Selain itu Kapolres Kampar selaku Pimpinan Apel meminta kepada seluruh personil dari seluruh Satgas untuk terus menjalin sinergritas dalam penanganan masalah karlahut ini dan hilangkan ego sektoral demi pelaksanaan tugas penanganan karlahut yang lebih baik kedepannya.

Selesai pelaksanaan apel, para personil gabungan ini diperintahkan untuk mendatangi daerah rawan karlahut di wilayah desa Rimbo Panjang dan wilayah lainnya di kecamatan Tambang untuk melakukan kegiatan preventif agar tidak terjadi kebakaran lahan, selain itu juga ditekankan Kapolres kepada seluruh anggota Satgas untuk menindak tegas setiap pelaku yang masih melakukan pembakaran lahan.

Semoga kerja keras aparat gabungan ini mampu mencegah dan mengantisipasi masalah karhutla di wilayah kabupaten Kampar pada khususnya, agar wilayah Provinsi Riau pada umumnya terhindar dari bencana kabut asap sebagai dampak kebakaran lahan dan hutan yang luas seperti beberapa tahun terakhir.