Kapolres Kampar Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Mapolres Kampar



BANGKINANG- Kamis 1 Juni 2017 pukul 08.00 wib, dilapangan upacara Mapolres Kampar dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan Inspektur Upacara Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto SiK MH.

Upacara ini diikuti Pejabat Utama Polres Kampar dan seluruh Perwira serta segenap Personil Polri dan ASN Polres Kampar.

Dalam upacara ini Kapolres Kampar selaku Irup membacakan Sambutan Presiden RI dalam rangka peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 1945 - 1 Juni 2017 yang menyampaikan beberapa hal antara lain ; bahwa hari ini untuk pertama kalinya kita menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, hal ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno hingga rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Kodrat bangsa Indonesia dengan keberagamannya telah menjadi kekuatan bangsa, itulah ke-bhineka tunggal ika-an kita, namun saat ini bangsa kita sedang mengalami ujian dan tantangan dengan munculnya sikap intoleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. 

Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara, dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI kita bisa terhindar dari masalah tersebut.

Untuk itu perlu peran aktif semua elemen bangsa maupun masyarakat untuk menjaga Pancasila, tingkatkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu membahu menggapai cita-cita bangsa, menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan serta kembali ke jatidiri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran. Kita juga harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila, terhadap semua ancaman ini tentunya Pemerintah akan bertindak tegas.

Sekali lagi diingatkan mari jaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan diantara kita dengan saling bersikap santun, menghormati, toleran dan saling membantu untuk kepentingan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Terakhir Presiden menyampaikan Selamat Hari Lahir Pancasila, Kita Indonesia, Kita Pancasila, Semua Anda Indonesia, Semua Anda Pancasila, Saya Indonesia, Saya Pancasila.

Pada Upacara ini juga dibacakan Keputusan Presiden RI nomor 24 tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan setiap tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional, Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan Jajaran Polres Kampar ini berakhir pada pukul 08.45 wib, dan semua rangkaian acara berlangsung dengan khidmat, tertib dan lancar.