KAPOLRES KAMPAR SAMPAIKAN HIMBAUAN KAMTIBMAS JELANG AKHIR TAHUN




Senin (12/12/2016), Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK, kembali menyampaikan himbauan kepada masyarakat menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2017.

Kapolres meminta masyarakat khususnya warga Kabupaten Kampar, agar senantiasa menjaga ketertiban dan kerukunan masyarakat serta meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan kamtibmas maupun tindak kejahatan.

Menjelang akhir tahun tentunya banyak warga masyarakat yang akan berlibur dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, jangan sampai hal ini dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum meninggalkan rumah dalam waktu lama, antara lain :

1. Amankan barang-barang berharga seperti uang dan perhiasan emas serta dokumen-dokumen penting dengan menitipkan kepada kerabat yang dapat dipercaya atau tempat penitipan resmi.

2. Matikan peralatan listrik yang tidak penting serta peralatan masak, dengan melepaskan regulator pada selang kompor gas.

3. Kunci semua pintu dan jendela rumah dengan baik, bila memungkinkan lengkapilah rumah anda dengan perangkat CCTV yang terhubung dengan internet sehingga bisa dikontrol dari manapun.

4. Beritahu dan titipkan rumah anda kepada tetangga terdekat yang tidak bepergian, dan jalin komunikasi dengannya selama anda bepergian.

Untuk mengantisipasi kerawanan ini, Kepolisian juga menghimbau warga untuk mengaktifkan pos kamling disetiap lingkungan perumahan.

Personil Kepolisian dari Polres Kampar dan Polsek Jajaran siap membantu masyarakat bila dibutuhkan, mereka akan melakukan patroli dengan mengunjungi tempat atau lokasi rawan kriminalitas termasuk kawasan pemukiman warga.  

Pada kesempatan ini Kapolres juga menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa menjaga dan memelihara kerukunan antar umat beragama, dengan saling menghormati dan menghargai antara sesama, stabilitas Kamtibmas yang baik saat ini harus kita pertahankan dan pelihara bersama.

Mengakhiri himbauannya, Kapolres Kampar menyampaikan ucapan selamat Natal kepada masyarakat yang merayakannya, serta ucapan selamat tahun baru kepada semuanya, semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua.