KAPOLRES KAMPAR SILATURAHMI DENGAN PARA DATUK DAN NINIK MAMAK DI BANGKINANG


Senin 3 Oktober 2016 sekira pukul 15.00 wib, bertempat dikantor Lembaga Adat Kampar (LAK) yang berlokasi di Jalan Jend. Ahmad Yani Bangkinang Kota, telah dilaksanakan acara Forum Silaturahmi Polisi dengan Masyarakat dan Ninik Mamak sebagai program "Ngobrol Bareng Polisi" dalam Rangka Penguatan Harkamtibmas diwilayah Kabupaten Kampar. 

Hadir dalam acara tersebut Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK, Kasat Intelkam AKP Supriadi, AKP Rengga SiK yang akan menjabat sebagai Kasat Binmas Polres Kampar, Ketua LAK Kampar H. Ramli Datuk Permata Said, Para Datuk Kenegerian Limo Koto yang diwakili oleh 12 orang yang terdiri dari Kenegerian Kuok, Kenegerian Salo, Kenegerian Bangkinang, Kenegerian Air Tiris dan Kenegerian Rumbio.

Acara pertemuan silaturahmi yang bertemakan "Ngobrol Bareng Polisi" ini dibuka oleh Sudirman Datuk Patio dan dilanjutkan dengan sepatah kata dari Ketua LAK Kampar H. Ramli Datuk Permata Said.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Kapolres Kampar yang menyampaikan beberapa hal antara lain mengajak Ninik Mamak dan Tokoh Masyarakat untuk bersinergi dalam menjaga dan memelihara kamtibmas diwilayah Kabupaten Kampar.

Kapolres juga menjelaskan tentang empat Pilar Kamtibmas tingkat dasar yaitu Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Tokoh Masyarakat yang mempunyai peranan penting dalam menjaga stabilitas Kamtibmas. Bila Empat Pilar ini bersinergi maka kerukunan masyarakat dan stabilitas Kamtibmas akan selalu terjaga.

Ditambahkan Kapolres bahwa dukungan semua komponen masyarakat termasuk para Datuk dan Ninik Mamak sangat dibutuhkan guna mewujudkan situasi aman dan kondusif.

Kapolres berharap agar forum silturahmi ini dapat terus terpelihara dan berkelanjutan, dan juga dapat dikembangkan dengan membentuk forum komunikasi antara aparat Kepolisian dengan Ninik Mamak serta Tokoh Masyarakat pada tingkat desa dan kecamatan.

Pada kesempatan pertemuan ini juga diadakan sesi tanya jawab antara Kapolres Kampar dengan Para Datuk dan Ninik Mamak yang hadir, terkait masalah pemeliharaan Kamtibmas serta masalah lain yang dihadapi warga masyarakat.

Kegiatan Ngobrol Bareng Polisi yang merupakan program inovasi Kapolres Kampar ini, sejak digulirkan beberapa waktu waktu lalu mendapat respon positif dari masyarakat kabupaten Kampar, hal ini terlihat langsung dari antusias masyarakat serta respon yang disampaikan. Semoga hal ini dapat berkontribusi dalam upaya peningkatan pemeliharaan Kamtibmas.

Acara pertemuan ini berakhir pada pukul 16.40 wib, semua rangkaian acara berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.