KAPOLRES KAMPAR TINJAU DAERAH RAWAN BANJIR DAN INGATKAN WARGA UNTUK WASPADA




Sabtu 4 Maret 2017 siang, Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK meninjau daerah rawan banjir di pesisir Sungai Kampar terkait meningkatnya debit air sungai Kampar karena pembukaan Spill Way (pintu pembuangan air) waduk PLTA Koto Panjang.

Dari beberapa wilayah yang ditinjau Kapolres Kampar ini, terlihat sebagian masyarakat sudah bersiap-siap untuk evakuasi karena luberan air sungai sudah mendekati rumah mereka, personil Polres Kampar yang diturunkan ke lokasi ikut membantu mengevakuasi barang-barang dari rumah warga ketempat yang lebih aman.

Sejak pagi hari ketinggian air Sungai Kampar menuju hilir terus mengalami kenaikan, namun sebagian besar masyarakat terutama yang rumahnya berada di wilayah langganan banjir telah bersiap-siap akan datangnya banjir.

Berbeda dengan tahun lalu, dimana banjir datang datang cepat akibat pembukaan pintu pembuangan air waduk PLTA Koto Panjang secara drastis, kali ini manajemen PLTA Koto Panjang lebih dini memberitahukan rencana pembukaan spill way serta kondisi terakhir ketinggian air kepada pihak terkait, termasuk pihak Kepolisian yang selanjutnya mengingatkan warga masyarakat agar waspada datangnya banjir.

Saat peninjauan ini, Kapolres Kampar sempat menanyakan langsung kepada warga masyarakat tentang tanggapannya atas sosialisasi yang disampaikan anggota Polri tentang kewaspadaan banjir ini.

Salahsatu warga Pulau Langgini bernama Nilawati (PR 40) yang rumahnya tidak jauh dari sisi Sungai Kampar menyampaikan langsung kepada Kapolres, bahwa keluarganya telah bersiap-siap sejak semalam dengan mengemasi barang-barang miliknya untuk evakuasi bila air sungai sudah mendekati rumahnya.

Beliau juga mengapresiasi kinerja anggota Polri yang tanggap dengan memperingatkan warga serta turun langsung memberikan bantuan.

Kapolres Kampar juga mengingatkan seluruh Kapolsek Jajarannya untuk senantiasa meninjau kondisi air Sungai Kampar dan mengingatkan warga untuk waspada.

Tidak itu saja, ratusan personil Polres Kampar beserta peralatan yang dimiliki termasuk bahan makanan untuk bantuan korban banjir juga telah disebar ke sejumlah daerah rawan banjir di wilayah Kab. Kampar.

Salahsatu wilayah yang sudah mengalami banjir yaitu Desa Gunung Sahilan dan Desa Sahilan Darussalam di Kec. Gunung Sahilan, siang tadi terpantau Kapolsek Kampar Kiri bersama personil Polres Kampar dan Polsek Kampar Kiri mendatangi wilayah ini sembari menyampaikan bantuan dari Kapolres Kampar yang langsung diserahkan kepada warga.

Kita berharap, agar musim hujan tahun ini tidak berdampak terlalu besar bagi masyarakat Kabupaten Kampar dan juga tidak menimbulkan korban jiwa serta kerugian yang tidak terlalu besar, ungkap Kapolres.