KAPOLRES KAMPAR TINJAU POS PENGAMANAN OPS LILIN, UNTUK BERIKAN RASA AMAN BAGI MASYARAKAT JELANG PERA




Sabtu 24 Desember 2016 menjelang pelaksanaan misa natal, Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK didampingi Kasat Binmas AKP Rengga Puspo Saputro SiK meninjau sejumlah Pos Pengamanan Operasi Lilin Siak 2016 yang ada diwilayah hukum Polres Kampar.

Untuk diketahui bahwa selama pergelaran Operasi Lilin Siak 2016 ini, Polres Kampar mendirikan 6 pos pengamanan yang tersebar dibeberapa lokasi dalam wilayah Kabupaten Kampar, yaitu di wilayah Pandau Jaya Kec. Siak Hulu, Pasar Danau Bingkuang Kec. Tambang, Depan Lapangan Merdeka Kec. Bangkinang Kota, Pasar Kuok Kec. Kuok, Simpang Petapahan Kec. Tapung dan Kelok Indah Kec. XIII Koto Kampar.

Peninjauan diawali ke Pos Pengamanan Pandau Jaya di Kecamatan Siak Hulu, di Pos Pengamanan ini Kapolres Kampar disambut Kapolsek Siak Hulu Kompol Vera Taurensa S.S, MH bersama Waka Polsek Iptu Wan Mantazakka, Kanit Sabhara dan seluruh personil gabungan yang ditugaskan pada Pos Pengamanan Ops Lilin ini.

Selain mengecek kekuatan personil, Kapolres juga mengecek kekengkapan Pos seperti panel data, buku mutasi, kendaraan dinas patroli dan peralatan khusus (alsus) Polri seperti peralatan pengaturan lalulintas dan peralatan P3K serta kelengkapan perorangan setiap petugas pengamanan.

Kapolres Kampar pada kesempatan ini juga memberikan arahan kepada personil gabungan yang ditugaskan pada Pos Pengamanan ini, yang terdiri dari personil Polri, TNI, Pol PP, Dishub dan Diskes Kampar.

Beberapa arahan Kapolres antara lain, agar semua petugas Pos Pam ini tanggap dengan situasi di wilayah penugasannya, selain itu keberadaan Pos Pengamanan ini harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat disekitarnya.

Petugas Pos Pam juga harus aktiv melakukan kegiatan-kegiatan preventif seperti patroli ketempat-tempat keramaian dan gereja-gereja yang mengadakan kegiatan misa natal serta melakukan pengaturan lalulintas terutama disaat terjadi peningkatan arus lalulintas agar tidak terjadi kemacetan.

Terakhir Kapolres berpesan agar semua personil yang bertugas tetap bersikap humanis dan santun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dari Siak Hulu Kapolres Kampar melanjutkan pengecekan ke Polsek-polsek Rayon Kampar Kiri yaitu Polsek Perhentian Raja, Polsek Kampar Kiri Hilir dan Polsek Kampar Kiri.

Disetiap Polsek yang dikunjungi ini, Kapolres juga memberikan arahan yang sama antara lain untuk atensi terhadap pengamanan kegiatan misa natal di gereja-gereja yang ada di wilayah Polseknya masing-masing.

Untuk memperkuat pengamanan di wilayah Polsek-polsek ini, Kapolres Kampar juga mengarahkan tim patroli terpadu untuk membeck-up wilayah ini.

Sejak siang tadi terpantau tim patroli terpadu yang terdiri dari personil Polri, TNI, Pol PP dan Dishub ini telah berada di wilayah Polsek Kampar Kiri, tim gabungan ini diarahkan untuk mendukung perkuatan Polsek Rayonisasi Kampar Kiri ini dalam pengamanan kegiatan Natal di sejumlah gereja di wilayah ini serta tempat tempat lainnya yang memerlukan pengamanan.

Saat dijumpai disela-sela kunjungan dan pengecekannya ini, Kapolres Kampar menyampaikan bahwa dirinya memerintahkan semua jajarannya untuk memberdayakan semua perkuatan baik personil maupun peralatan untuk pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru ini.

Semoga upaya maksimal dari pihak Kepolisian bersama stake holders terkait, dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat khususnya yang merayakan Natal maupun libur akhir tahun serta terpeliharanya stabilitas Kamtibmas, ungkap Kapolres mengakhiri pembicaraannya.