Kapolsek Bangkinang Barat Tinjau Pemungutan Suara Pilkades di Sejumlah Desa di Kec. Kuok




KUOK - Minggu 19 November 2017, Kapolsek Bangkinang Barat Iptu Daren Maysar bersama Camat Kuok Rakhmad S.Sos dan Paur Humas Polres Kampar Iptu Deni Yusra meninjau Pelaksanaan Pemungutan Suara di beberapa Desa yang mengadakan Pemilihan Kepala Desa di Kecamatan Kuok.

Rombongan Upika Kuok didampingi Paur Humas ini mengawali kunjungannya di TPS I Desa Kuok sekitar pukul 11.00 wib, di TPS I ini Kapolsek bertatap muka dengan petugas KPPS dan memberikan arahan kepada mereka, agar melaksanakan tugas dengan baik sesuai aturan guna menghindari kesalahan-kesalahan yang berpotensi menimbulkan konflik pada Pilkades ini.

Saat pengecekan di TPS I ini terpantau partisipasi masyarakat untuk mengikuti Pilkades ini lumayan besar, hingga pukul 11.00 wib telah lebih 50 persen warga yang menggunakan hak pilihnya.

Pengecekan selanjutnya dilakukan di TPS II yang berlokasi didalam Los Pasar Kuok, di TPS ini Kapolsek dan rombongan juga bersilaturahmi dan memberikan arahan kepada petugas KPPS dan juga petugas pengamanan TPS.

Untuk TPS II Desa Kuok ini jumlah partisipasi masyarakat lebih rendah dibanding TPS I, dimana saat pengecekan ini jumlah warga yang memberikan hak suaranya masih dibawah 50 persen.

Berikutnya pengecekan dilakukan di TPS II Desa Merangin, di TPS ini partisipasi masyarakat cukup tinggi yang telah mencapai 75 persen dari jumlah pemilih yang terdaftar dalam DPT lebih dari 500 orang.

Pengecekan terakhir dilakukan di TPS II Desa Sei Silam, untuk TPS ini juga telah lebih dari 50 persen warga yang terdaftar dalam DPT telah menggunakan hak pilihnya. 

Secara umum dari 3 Desa yang menggelar Pilkades di Kecamatan Kuok ini berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif, hingga jelang berakhirnya waktu pemungutan suara pada pukul 13.00 wib, belum ada laporan adanya permasalahan terkait pelaksanaan pemungutan suara di TPS.

Kapolsek memerintahkan seluruh personel yang melakukan pengamanan pada TPS ini, untuk juga mengamankan dan mengawal proses penghitungan suara serta pengantaran kotak suara bersama surat suara ke kantor desa setempat.

Kepada warga masyarakatnya, Kapolsek juga mengimbau untuk tetap menjaga kamtibmas dan jangan sampai terprovokasi oleh hal-hal yang dapat menimbulkan konflik antar warga.