Kapolsek Perhentian Raja Kerahkan Personilnya Amankan Tradisi Balimau Kasai



Sebagaimana biasanya, pada setiap H-1 bulan suci Ramadhan, hampir seluruh penjuru daerah di Kabupaten Kampar melaksanakan Tradisi Balimau Kasai.

Seperti halnya di kecamatan Perhentian Raja, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1438H, desa Kampung Pinang, desa Lubuk Sakat dan desa Pantai Raja juga melaksanakan kegiatan tradisi Balimau Kasai ini.

Kedua desa ini melaksanakan kegiatan Balimau Kasai secara serentak, Jumat (26/5/2017) sekira pukul 16.00 WIB.

Seperti biasanya, acara tradisi Balimau Kasai juga dikemas dengan beragam acara-acara hiburan rakyat seperti, orgen tunggal, panjat pinang, dan mandi Balimau bersama di anak sungai dan sungai di wilayah desanya masing-masing.

Dari ketiga daerah yang melaksanakan Balimau Kasai tersebut, pantauan awak media, di desa Pantai Raja, acara Balimau Kasai dihadiri oleh para petinggi-petinggi kecamatan Perhentian Raja, tampak hadir pada acara tersebut, anggota DPRD Kampar dari Fraksi Golkar bpk iib nursaleh s.ikom Kapolsek Perhentian Raja Iptu Dadan Wardan Sulia, kepala desa Khairud Zaman, Ninik Mamak, Tokoh Masyarakat, tokoh Agama, Manager PT. BTR, Fahrizal.

Kapolres Kampar, AKBP. Deni Okvianto, SIK,MH melalui Kapolsek Perhentian Raja, Iptu Dadan Wardan Sulia saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa dirinya telah mengerahkan sejumlah personil Polsek Perhentian Raja untuk mengamankan jalannya prosesi Balimau Kasai di ketiga desa kecamatan Perhentian Raja tersebut.

"Pengamanan ini dilaksanakan dengan sistem terbuka dan tertutup, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan raya Pekanbaru-Taluk Kuantan khususnya di desa Kampung Pinang yang lokasinya acara Balimau Kasainya memang berdekatan dengan Jalan Raya tersebut, serta mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan Curanmor," ujar Kapolsek.

Ditambahkan Kapolsek, alhamdulillah, secara umum kegiatan Balimau Kasai di ketiga desa tersebut berlangsung dengan aman dan terkendali.

"Melalui momentum acara tradisi Balimau Kasai ini, saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif didalam menjaga kamtibmas di lingkungannya masing-masing, mari sama-sama kita ciptakan situasi kesejukan dan kenyamanan didalam melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan ini, saya selaku Kapolsek mewakili seluruh jajaran Polsek Perhentian Raja mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan Bhatin, dan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan," tutupnya.