KAPOLSEK TAPUNG PIMPIN APEL SATGAS TERPADU KESIAPAN PILKADA KAMPAR DAN SIMULASI PAM TPS YANG AMAN DA




Kamis 26 Januari 2017 sekira pukul 09.30 wib, bertempat di Lapangan Kantor Camat Tapung telah dilaksanakan acara Apel Satgas Terpadu dalam rangka pengamanan Pilkada Bupati dan wakil Bupati Kampar tahun 2017.

Bertindak selaku Pimpinan Apel adalah Kapolsek Tapung Kompol Darmawan, SH, MH, dan sebagai komandan Apel Serma S. Pardede anggota Koramil 16 Tapung.

Turut hadir dalam apel ini Camat Tapung Bpk Joni Safrin A. Mp, Danramil Tapung Kapten Arh Khoridon Sitio, Sekcam Tapung Hendri MSi, Kepala Desa se-Kec. Tapung, Ketua PPK Sdr. Subiyanto beserta anggota.

Peserta apel terdiri dari pleton TNI/ Babinsa Koramil 16 Tapung, Pleton Polri dari Polsek Tapung, Pleton gabungan PPK dan KPPS, Pleton PPS, Pleton Panwascam dan PPL, Pleton Linmas Desa serta perwakilan Masyarakat yang diundang dengan jumlah peserta keseluruhan sekitar 500 orang.

Kapolsek Tapung selaku Pimpinan Apel dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan mengapresiasi terlaksananya Apel Satgas Terpadu ini, dalam rangka pengamanan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kampar 2017.

Kapolsek juga meminta agar seluruh Satgas dapat bekerja sesuai aturan dan petunjuk dengan penuh rasa tanggungjawab, serta konsisten dalam menjaga netralitasnya.

Kapolsek juga mengajak aparat keamanan dari  TNI, Polri dan Linmas agar kita tetap bersinergi dalam.memantau jalannya Pilkada Bupati dan Wakil bupati Kampar tahun 2017 ini.

Terakhir kepada seluruh masyarakat yang mempunyai Hak Pilih khususnya yang berada di kecamatan Tapung, agar dapat berpartisipasi dan menyalurkan hak pilihnya di TPS nya masing-masing sesuai hati nuraninya tanpa paksaan dan intimidasi dari pihak manapun, selain itu juga dihimbau untuk tidak mudah diprovokasi oleh pihak tertentu untuk melakukan perbuatan yang menyalahi aturan dan perUndang-undangan dan mengganggu stabilitas Kamtibmas.

Sementara itu Camat Tapung juga menyampaikan arahan kepada seluruh.Satgas untuk tetap menjaga netralitasnya serta turut berpartisipasi dalam mewujudkan situasi yang kondusif sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan aman, damai dan Jurdil.

Kegiatan apel berakhir pada pukul 10.20 wib dan dilanjutkan dengan menggelar Simulasi Pengamanan TPS dengan melibatkan 20 orang personil gabungan yang terdiri dari petugas PPS, KPPS, PPL, Saksi, Linmas, Polri dan beberapa warga yang memerankan pemilih.

Sebanyak 6 season simulasi diperagakan dalam kegiatan ini, yaitu :

1. Peragaan cara pencoblosan yang benar.

2. Peragaan tentang warga yang hendak mencoblos yang memiliki E-KTP namun tidak mendapatkan Undangan, dengan memperagakan contoh penanganannya yang Benar oleh KPPS sesuai Peraturan KPU.

3. Peragaan tentang Seorang Tim Sukses yang mencoba untuk mempengaruhi Pemilih di sekitar Lokasi TPS dengan memberikan isyarat atau kode kepada Pemilih, dan diperagakan tentang Penanganannya yang benar oleh KPPS sesuai Peraturan KPU.

4. Peragaan tentang seorang warga yang memiliki KTP bukan Elektronik, namun sudah pernah melakukan perekaman di Kantor Camat Tapung dan diperagakan contoh penanganannya yang benar oleh KPPS sesuai Peraturan KPU.

5. Peragaan tentang seorang warga yang hendak mencoblos namun tidak memiliki E-KTP dan Undangan, namun tetap bersikeras untuk ikut mencoblos dan hendak membuat keributan yang diperagakan contoh penanganannya yang benar oleh KPPS sesuai Peraturan KPU.

6. Mengawal Kotak Suara dari Lokasi TPS hingga Ke Kantor PPK Kec. Tapung sesuai dengan Peraturan KPU.

Kegiatan berakhir pada Pukul 11.00 wib, semua rangkaian acara berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.