KPUD KAMPAR ADAKAN BIMTEK TERPADU BAGI PPS, KPPS DAN PPL DI AULA KANTOR CAMAT BANGKINANG




Kamis 19 Januari 2017 sekira Pukul 10.00 wib, bertempat di Aula Kantor Camat Bangkinang dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Terpadu Pemungutan dan Penghitungan Suara Bagi PPS, KPPS dan PPL untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Kampar tahun 2017 yang dilaksanakan oleh KPUD Kampar.

Hadir dalam acara ini, anggota Komisioner KPUD Kampar Drs. Sardalis, Anggota Panwaslu Kampar Zainul Aziz, Kapolsek Bangkinang Kota Iptu Habibahnil, Ketua PPK Kec. Bangkinang M. Abrar, Anggota PPK dan Anggota Panwascam Bangkinang, KPPS, PPS serta PPL se-Kecamatan Bangkinang.

Acara pembukaan Bimtek ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan pembacaan do'a yang dipandu sdr. Rahmad.

Selanjutnya pembacaan nama-nama petugas KPPS se-Kec. Bangkinang oleh anggota PPK Kec. Bangkinang Sdr. Zulfahmi.

Setelah itu dilakukan pengambilan dan pengucapan sumpah KPPS yang dipandu Ketua PPK Kec. Bangkinang Sdr. M. Abrar dan dilanjutkan penandatanganan Berita Acara.

Selanjutnya Komisioner KPUD Kampar Drs. Sardalis membuka secara resmi kegiatan Bimtek ini dan dilanjutkan pemberian arahan kepada peserta Bimtek.

Beberapa hal disampaikan komisioner KPUD Kampar ini antara lain bahwa PPS, KPPS dan PPL harus bekerja secara maksimal dan mengetahui serta memahami tentang tugas dan tanggungjawabnya. 

Lebih lanjut disampaikan, agar KPPS memastikan seluruh warga yang memiliki hak pilih harus sudah menerima formulir C6 (pemberitahuan) minimal 3 hari sebelum pemungutan suara.

Pengawas / PPL juga harus memantau dan memberikan teguran, apabila ada kesalahan dan kekeliruan oleh PPS dan KPPS.

Kapolsek Bangkinang Kota Iptu Habibahnil pada kesempatan ini juga meminta kepada seluruh peserta Bimtek untuk menyukseskan Pilkada Damai dan menekankan agar seluruh petugas yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada Kampar ini untuk konsisten menjaga netralitasnya sesuai sumpah jabatan yang telah diucapkan.

Hindari kesalahan agar tidak menimbulkan permasalahan yang dapat menimbulkan konflik, serta lakukan kordinasi dengan baik dengan pelaksana Pilkada lainnya.

Apabila menemukan pelanggaran dapat disampaikan kepada Panwascam atau Panwaslu Kampar untuk ditindaklanjuti oleh petugas Gakkumdu untuk Proses hukumnya.

Ketua PPK Bangkinang sdr M. Abrar menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada KPUD Kampar yang telah berkenan menyelenggarakan Bimtek ini, dan meminta kepada seluruh peserta Bimtek untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga mengerti dan tidak ragu dalam pelaksanaan tugasnya.

Setelah rangkaian acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan Bimtek yang dipimpin oleh Ketua PPK Bangkinang sdr. M. Abrar dengan narasumber Komisioner KPUD Kampar Drs. Sardalis. 

Kegiatan berakhir pada pukul 14.00 wib, dan semua rangkaian kegiatan Bimtek ini berlansung dengan aman, tertib dan lancar.