LANCARKAN ARUS BALIK, KAPOLRES KAMPAR IKUT ATUR LALULINTAS BERSAMA ANGGOTA



Minggu 10 Juli 2016 bertepatan (H+4) lebaran, diprediksi merupakan puncak arus balik lebaran dari arah Sumatera Barat yang melewati wilayah kabupaten Kampar menuju arah Pekanbaru.

Sejak pagi hari personil jajaran Polres Kampar telah siaga pada lokasi-lokasi rawan macet disepanjang jalan lintas Riau - Sumbar ini.

Dihari Minggu ini wilayah yang sangat diatensi sebagai daerah rawan macet adalah daerah pasar Kampar kecamatan Kampar Timur dan wilayah perbatasan kota Pekanbaru.

Untuk daerah pasar Kampar kerawanannya terjadi karena pada hari Minggu ini merupakan hari pasar diwilayah tersebut, lokasi pasar yang berada ditepi jalan raya ini berpotensi menyebabkan targanggunya arus lalulintas. Namun pada lokasi ini telah didirikan pos pengamanan dengan penempatan sejumlah personil gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kampar. 

Para personil yang bertugas pada Pos Pam tersebut diperkuat personil tambahan dari Polres Kampar telah bersiaga melakukan pengaturan arus lalulintas untuk mengurai kemacetan.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK yang meninjau situasi arus lalulintas di wilayah pasar Kampar ini, ikut langsung melakukan pengaturan arus lalulintas bersama personil Polri yang ditugaskan di wilayah tersebut jelang tengah hari tadi.

Saat ditemui dilokasi ini, Kapolres Kampar menyampaikan bahwa dirinya sudah terbiasa turun langsung bersama anggota untuk melakukan tugas pelayanan kepada masyarakat, hal ini selain untuk mengetahui langsung kondisi dilapangan juga untuk memotivasi personil untuk melaksanakan tugas pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Satu titik rawan macetnya lainnya yang sangat diatensi adalah wilayah perbatasan kabupaten Kampar dengan Kota Pekanbaru hingga ke daerah Simpang Panam. Sebagai langkah antisipasi bila terjadi kepadatan arus lalulintas di daerah ini maka arus kendaraan dari arah Bangkinang yang akan menuju Pekanbaru akan dialihkan sebagian untuk melalui jalur alternatif melewati Simpang jalan baru arah Danau Bakuok.

Jalan masuk jalur alternatif ini berada pada KM 32, sekitar 800 meter setelah Polsek Tambang arah Pekanbaru, kondisi jalan cukup baik hanya lebarnya yang lebih kecil dibandingkan jalan utama. Dari jalur ini bisa tembus di jalan Kubang Raya desa Kualu atau keluar di Simpang Kambing desa Teratak Buluh, untuk jarak tempuh hampir sama dengan melewati jalan utama. 

Pada jalur alternatif ini juga ditempatkan sejumlah personil jajaran Polres Kampar untuk mengamankan jalan serta memberikan pelayanan bagi para pemudik yang melewati jalur ini menuju kota Pekanbaru.

Suasana berbeda saat pengamanan arus mudik dan arus balik lebaran kali ini di wilayah hukum Polres Kampar memang sedikit berbeda, hal ini terlihat dengan pegelaran personil secara besar-besaran dilapangan untuk pengamaman jalur mudik maupun tempat-tempat kegiatan masyarakat. Tidak hanya perkuatan personil namun juga pegelaran sarana prasarana yang dimiliki untuk mendukung kegiatan ini.

Semoga hal ini dapat dirasakan dampaknya oleh masyarakat luas dan memberi kontribusi bagi terciptanya kamseltibcar lantas disaat masyarakat merayakan Idul Fitri 1437-H.