Menuju Reformasi Kultural, Sepuluh Anggota Polres Kampar Mengikuti Itiqaf




Dalam rangka mengaplikasikan Program Prioritas Kapolri tentang Pemantapan Reformasi Internal Polri, sepuluh Personil Jajaran Polres Kampar mengikuti kegiatan Itiqaf guna memperdalam ilmu agama untuk tingkatkan ketaqwaan.

Kegiatan Itikaf kali ini dilaksanakan di Pesantren Darul Ulum Desa Kubang Jaya Kec. Siak Hulu Kab. Kampar, yang berlangsung selama 3 hari dimulai pada Jumat pagi (10/3) hingga Minggu malam (12/3).

Ke-10 anggota Jajaran Polres Kampar yang mengikuti kegiatan Itiqaf ini adalah Iptu  Syamsir, Aiptu Erisman, Aipda H. Harahap, Bripka Agus Harianto, Bripka Suheri, Bripka Ario Setiady, Brigadir Andi Wardana. Brigadir Padrianto, Brigadir David Gusmanto dan Briptu M. Suryana Ardi.

Banyak hal yang dipelajari selama mengikuti Itiqaf ini, dengan dipandu para Ustad dan Ulama mereka mempelajari lebih dalam tentang ibadah wajib dan ibadah sunnah serta pola kehidupan yang lebih baik sesuai tuntunan agama.

Tidak itu saja, para peserta itiqaf ini juga diajari berdakwah untuk mengajak orang lain agar berperilaku baik dan taat beribadah yang sudah tentu sejalan dengan tugas pokoknya sebagai anggota Polri.

Kegiatan itiqaf bukanlah hal baru dikalangan anggota Kepolisian, telah banyak personil Polri khususnya yang muslim mengikuti kegiatan ini bahkan hingga beberapa kali.

Dari hasil pantauan tampak perubahan ketaqwaannya, dimana mereka terlihat lebih taat dalam beribadah serta perilaku yang lebih baik dan santun.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK saat dikonfirmasi terkait kegiatan ini menyampaikan, bahwa dirinya mengapresiasi pelaksanaan Itiqaf bagi anggotanya ini.

Lebih lanjut disampaikan Kapolres bahwa pada prinsipnya tugas pokok Polri sebagai pengayom, pelindung dan pelayanan masyarakat serta aparat penegak hukum adalah untuk Amar Ma'fuf Nahi Mungkar, yaitu mengajak orang untuk berbuat baik dan memberantas kemungkaran atau kemaksiatan.

Selain itu kegiatan ini juga sebagai bagian dari reformasi kultural untuk perubahan mindset dan kulturset menuju sosok Polri yang dipercaya sesuai harapan masyarakat, jelas Kapolres.