Operasi Simpatik, Sat Lantas Kampar Gelar Safety Riding di SMKN 1 Bangkinang


.

Pagi ini Selasa 14 Maret 2017, Satuan Lalulintas Polres Kampar bekerjasama dengan Honda Capella Bangkinang, menggelar kegiatan Safety Riding di SMKN 1 Bangkinang.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya etika berlalulintas serta kepatuhan terhadap peraturan berlalulintas.

Sekitar 350 Pelajar SMKN I Bangkinang mengikuti kegiatan ini yang dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Kampar AKP Mas'ud Ahmad SIK.

Dalam arahannya Kasat Lantas  menjelaskan bahwa tingginya angka  kecelakaan lalu lintas pada kelompok usia pelajar, untuk itu perlu adanya kegiatan Safety Riding ini guna mengantisipasi hal tersebut.

Banyak diantara pelajar yang sudah bisa menggunakan kendaraan roda dua bahkan roda empat, namun tidak mengetahui bagaimana cara berkendara yang benar dan aman bagi diri sendiri maupun bagi pengguna jalan lainnya.

Lebih lanjut disampaikan Kasat Lantas bahwa setiap detik ada saja korban yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas di jalan raya, dan melihat angka kecelakaan lalu lintas pada usia pelajar yang notabene sebagai generasi penerus bangsa, membuat kita miris sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan kesadaran agar tertib berlalulintas.

Pada kesempatan ini kepada para pelajar dijelaskan bagaimana cara mengendarai sepeda motor yang baik dan benar, bagaimana persiapan sebelum menggunakan kendaraan dan langsung dicontohkan oleh pihak Honda Capella. 

Selain itu juga diajarkan teknik-teknik berkendara yang baik seperti proses pengereman, gerakan slalom untuk melatih kemampuan dan menjaga irama keseimbangan tubuh ketika menikung dan melakukan manufer mendadak atau melintas dijalan yang berliku, terakhir diajarkan cara melewati jalan titian yang berguna untuk melatih keseimbangan tubuh saat melewati jalan yang sempit.

Para pelajar di sekolah ini tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena mereka dapat langsung mencoba di lapangan dan tersedia juga simulator mengendarai sepeda motor.

Kepala Sekolah SMK1 Bangkinang, Bapak Junaidi MPd sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan ini, Banyak ilmu dan pengalaman yang diberikan kepada kami, semoga murid-murid kami dapat memahami dan mengaplikasikannya, serta dapat mensosialisasikannya kembali pada orang lain.