Persiapkan Pengamanan Jalur Mudik, Kapolres Kampar Tinjau Jalan Lintas Riau-Sumbar




Jumat 2 Juni 2017 mulai pukul 11.00 wib, Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto SiK, MH didampingi Kabag Ops Kompol Suratman, Kasat Lantas AKP Mas'ud Ahmad SiK, Kasat Sabhara AKP Hermawan dan Kaur Reg Iden Ipda Feri Fadhilah melakukan pengecekan jalan lintas Riau - Sumbar di wilayah Kab. Kampar dalam rangka persiapan pengamanan arus mudik Idul Fitri 1438-H/ 2017.

Selain untuk mengecek kondisi jalan lintas provinsi ini, kegiatan ini juga dalam rangka pengecekan lokasi-lokasi untuk penempatan Pos Pengamanan Ops Ramadnya Siak 2017 disepanjang jalur ini menjelang Idul Fitri nanti.

Pengecekan pertama dimulai dari wilayah perbatasan Kab. Kampar dengan Kota Pekanbaru yaitu di daerah Rimbo Panjang Kec. Tambang, Kapolres meninjau Pos Polisi Desa Rimbo Panjang dimana dilokasi ini merupakan salah satu tempat pendirian Pos Pam Ops Ramadnya Siak 2017 (Pos Pam Lebaran).

Selanjutnya berturut-turut dilakukan pengecekan lokasi lain disepanjang jalur ini, terutama pada tempat tempat yang akan dijadikan lokasi pendirian Pos Pam Lebaran, yaitu Pasar Danau Bingkuang, Pasar Kampar, Pasar Air Tiris, Lapangan Merdeka Bangkinang, Pasar Kuok dan Kelok Indah dekat perbatasan dengan Provinsi Sumbar.

Penetapan lokasi Pos Pengamanan ini dibuat dengan pertimbangan sebagai lokasi rawan macet seperti beberapa pasar tradisional atau pasar tumpah yang berada disepanjang jalur ini, serta daerah rawan kecelakaan karena kondisi geografis dan jauh dari Pos Polisi.

Pada kesempatan ini, Kapolres juga menyempatkan waktu mengecek kondisi jembatan di KM 75/76 Desa Merangin yang mengalami kerusakan beberapa waktu lalu, namun saat ini kondisinya cukup baik dan telah bisa dilalui semua kendaraan setelah dilakukan perbaikan oleh pihak terkait.

Selain itu Kapolres dan beberapa Pejabat Utama Polres Kampar ini juga mampir ke kawasan bendungan PLTA Koto Panjang untuk melihat kondisi ketinggian air waduk yang masih dalam level normal. Kapolres juga bertatap muka dengan pihak manajemen PLTA dan berkordinasi tentang langkah-langkah kebijakan apabila ketinggian waduk mengalami kenaikan drastis akibat curah hujan yang tinggi.

Secara umum kondisi jalan sepanjang jalur lintas Riau - Sumbar wilayah Kab. Kampar ini cukup baik, memang ada beberapa kerusakan karena lepasnya lapisan aspal dibeberapa lokasi, namun sebagiannya telah dilakukan perbaikan dengan penambalan badan jalan yang rusak tersebut.

Kegiatan ini pengecekan jalur ini berlangsung hingga pukul 17.30 wib, dan semua rangkaian kegiatan berjalan dengan aman, tertib dan lancar.