POLRES KAMPAR ADAKAN COACHING CLINIK PENANGANAN KASUS NARKOBA


Jumat 23 September 2016 pagi, Polres Kampar mengadakan Coaching Klinik tentang penanganan kasus tindak pidana narkoba, dengan narasumber Kabag Wassidik AKBP Syamsul Anwar dan Kanit Wassidik AKBP Najib, keduanya dari Direktorat Narkoba Polda Riau.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Polres Kampar ini dibuka oleh Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK yang dihadiri Kasat Narkoba Polres Kampar AKP Tapip Usman dan diikuti para penyidik SatRes Narkoba Polres Kampar dan Polsek Jajaran.

Kapolres Kampar dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita selaku aparat penegak hukum diminta bekerja secara profesional dalam penanganan setiap kasus narkoba. Sehubungan hal itu perlu adanya pelatihan-pelatihan secara rutin bagi para penyidik untuk meningkatkan kemampuan serta pemahaman tugasnya secara baik.

Kapolres juga meminta semua penyidik untuk tidak main-main dalam penanganan kasus, lakukan semua proses penyidikan dengan baik sesuai aturan yang ada serta berusaha menghindari kesalahan dalam setiap penanganan kasus narkoba.

Sementara itu Kabag Wassidik AKBP Syamsul Anwar dalam arahannya menyampaikan bahwa penanganan kasus narkoba berbeda dengan penanganan kasus kriminal lainnya. Untuk kasus narkoba tidak mengenal Restorative Justice, sehingga penanganan kasus harus benar-benar mengacu kepada peraturan perUndang undangan.

Berdasarkan analisa dan evaluasi tentang kinerja Jajaran Polda Riau dalam penanganan kasus narkoba bahwa pengungkapan kasus cukup tinggi, untuk kedepannya target yang dikejar bukan hanya kuantitas tapi juga kualitas, dalam artian untuk pengungkapan lebih memprioritaskan pada pelaku yang berskala besar / bandar narkoba.

Selain itu disampaikan bahwa dalam penanganan kasus narkoba mulai dari tingkat penyelidikan hingga proses penyidikan agar dilakukan secara baik dan terencana dengan melengkapi semua mindiknya agar tidak ada kesalahan dalam proses penanganannya yang dapat dijadikan peluang oleh para pelaku untuk lolos dari hukum.

Sementara itu untuk materi teknis dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan proses penyidikan disampaikan Kanit Wassidik AKBP Najib, kegiatan ini juga dibarengi dengan diskusi dan sesi tanya jawab dari perserta kepada narasumber terkait masalah yang disampaikan.

Semua rangkaian kegiatan Coaching Clinik tentang penanganan kasus tindak pidana narkoba ini berlangsung dengan aman, tertib dan lancar, semoga kegiatan ini mampu meningkatkan kinerja para penyidik serta menambah wawasannya menuju Polri yang profesional.