POLRES KAMPAR ADAKAN LAT PRA OPS LILIN SIAK 2016, UNTUK KESIAPAN PENGAMANAN NATAL DAN TAHUN BARU 201




Rabu 21 Desember 2016 pagi, Jajaran Polres Kampar mengadakan Latihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) Lilin Siak 2016 Polres Kampar, bertempat di Gedung Serbaguna Polres Kampar.

Kegiatan Lat Pra Ops ini dibuka oleh Waka Polres Kampar Kompol Basa Emden Banjarnahor SiK yang mewakili Kapolres Kampar, dan dihadiri Pejabat Utama Polres Kampar beserta Kapolsek Jajaran.

Kegiatan pelatihan ini direncanakan berlangsung selama dua hari yang dimulai hari ini, sementara peserta pelatihan terdiri dari Personil Satuan Fungsi dan Polsek Jajaran yang terlibat dalam Operasi ini.

Untuk instruktur dan pemberi materi akan disampaikan oleh Kabag Ops Kompol HM. Agus Hidayat SiK selaku Karendal Ops dan beberapa Kasat Fung yang telah mendapatkan pelatihan sebelumnya di Polda Riau.

Pembukaan Lat Pra Ops ini diawali dengan pemasangan tanda peserta pelatihan oleh Waka Polres Kampar kepada perwakilan peserta.

Dalam sambutannya Waka Polres menyampaikan bahwa pelaksanaan Ops Lilin 2016 ini diadakan dalam rangka pengamanan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Ops Lilin 2016 ini merupakan operasi terpusat yang dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah Republik Indonesia, mulai tanggal 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017.

Pada kesempatan ini, Waka Polres meminta kepada Instruktur dan penyampai materi untuk memberikan arahan secara jelas tentang mekanisme pelaksanaan Pengamanan, sehingga seluruh personil yang terlibat dapat memahami dan melaksanakan tugasnya dengan baik.

Kepada para peserta pelatihan juga diminta untuk mengikuti seluruh rangkaian pelatihan ini dengan serius sehingga dapat memahami semua materi yang disampaikan.

Kabag Ops Kompol HM. Agus Hidayat SiK selaku Karendal Ops, dalam arahannya kepada peserta, meminta seluruh personil yang terlibat dalam Ops Lilin Siak 2016 ini untuk mengantisipasi segala kerawanan dan melakukan koordinasi dengan petugas pengamanan internal maupun elemen masyarakat.

Dalam pelaksanaan Operasi ini nantinya, Jajaran Polres Kampar akan mendirikan 6 pos pengamanan yang tersebar dibeberapa ruas jalan utama dalam wilayah hukum Polres Kampar.

Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi pelatihan kepada para peserta oleh Kabag Ops dan para Kasat Fung secara bergantian.