Polres Kampar Adakan Pelatihan Bagi Operator Smart Data Base




Sabtu 8 April 2017 pukul 10.00 wib, diruang Comand Centre / Media Centre Polres Kampar dilaksanakan Pelatihan Operator Smart Data Base Polres Kampar.

Pelatihan ini diikuti oleh Personil yang ditugaskan sebagai operator Smart Data Base serta Tim Media Polres Kampar, dengan Tutor sdr. Edriansyah S. Kom, M. Kom didampingi Wawan Kurniawan S. Kom selaku Programmer Aplikasi Smart Data Base Polres Kampar ini.

Untuk dikehui bahwa Aplikasi Smart Data Base Polres Kampar ini dibuat seperti Bank Data yang berbasis Teknologi Informasi, dengan Content Menu Utamanya terdiri dari Organisasi, Pejabat Daerah, Lokasi, Masyarakat, Emergecy Call, Laporan dan Galeri.

Edriansyah selaku Programmer Aplikasi ini menjelaskan secara rinci kepada para peserta pelatihan, tentang aplikasi dan sistem input datanya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Smart Data Base ini memuat sangat banyak data, baik internal maupun eksternal yang sangat diperlukan oleh Kesatuan Polres Kampar untuk menunjang pelaksanaan tugas agar bisa lebih optimal.

Sebagai gambaran, untuk data personil saja akan memuat secara detil data dari semua personil Jajaran Polres Kampar termasuk pemetaan lokasi tempat tinggalnya, beserta nomor telpon yang nantinya akan connect dengan emergency call, sehingga bila ada laporan tentang kejadian disekitar tempat tinggalnya akan dapat diketahui oleh personil terdekat untuk segera turun ke lokasi.

Data Pejabat Daerah juga akan diinput mulai dari Pejabat tertinggi didaerah seperti Bupati, Anggota DPRD hingga ke level terendah ditingkat RT dan RW secara lengkap termasuk nomor telepon dari masing-masing Pejabat yang bisa dihubungi.

Program aplikasi ini penggunaannya hanya untuk internal Polres Kampar saja karena data yang dihimpun bersifat rahasia, namun terobosan ini akan sangat membantu untuk kemajuan institusi Polri khususnya Polres Kampar.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK saat dikonfirmasi terkait Smart Data Base ini menyampaikan, bahwa ini salahsatu dari beberapa inovasi yang telah dilakukan Polres Kampar yang memanfaatkan kemajuan Teknogi Informasi. 

Mau tidak mau kita dituntut untuk mengadopsi teknologi dalam menunjang tugas Kepolisian, agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Semoga kerja keras dan usaha kita ini mampu menyumbangkan kemajuan bagi Institusi Polri secara keseluruhan, ungkap Kapolres.