Polres Kampar Adakan Pelatihan Manajemen Media Bagi Polsek Jajarannya




Rabu 12 April 2017 pukul 09.00 wib, Polres Kampar menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Manajemen Media Bagi Polsek Jajaran Polres Kampar, dalam rangka Implementasi dan Optimalisasi Peran Media Guna Mendukung Kinerja Polres Kampar untuk mewujudkan Public Trust.

Pelatihan ini diadakan di Gedung Serbaguna Polres Kampar yang dibuka langsung oleh Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK, dan diikuti para Kabag, Kasatfung, para Kapolsek, Kanit Binmas Polsek serta Bhabinkamtibmas dengan jumlah peserta sekitar 150 orang.

Kegiatan Pelatihan Manajemen Media ini diinisiasi oleh Kapolres Kampar, dan sebagai koordinator pelaksana adalah Kasat Binmas AKP Rengga Puspo Saputro SiK bersama Paur Humas Iptu Deni Yusra.

Sebagai narasumber dan pemberi materi pelatihan adalah Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK, Paur Humas Iptu Deni Yusra dan Rusdiyanto S.I.Kom, MIK dari Media Riau Televisi.

Kegiatan pelatihan ini diawali dengan pembukaan oleh Kapolres Kampar yang dirangkai dengan penyampaian Kata Sambutan dan arahan terkait kegiatan ini.

Pada kesempatan ini Kapolres menyampaikan tentang pentingnya peran manajemen media dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Lebih lanjut dijelaskan Kapolres Kampar bahwa dalam era globalisasi ini, media memegang peranan penting sebagai sarana sosialisasi, edukasi dan publikasi kepada masyarakat untuk menciptakan public trust.

Sehubungan hal tersebut, selayaknya kita manfaatkan peluang ini dengan melakukan manajemen media secara baik dan optimal, sesuai Commander Wish Kapolri.

Selanjutnya penyampaian materi tentang manajemen media dan teknik pembuatan berita oleh Paur Humas Iptu Deni Yusra.

Pada kesempatan ini dijelaskan oleh Paur Humas bahwa setiap anggota Polri pada prinsipnya mengemban tugas kehumasan, tugas pokok Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat menuntut Polri untuk selalu hadir ditengah masyarakat dan mampu memainkan perannya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Paur Humas juga menjelaskan tentang strategi Polri dalam mewujudkan Public Trust, antara lain dengan pendekatan dan menjalin kemitraan dengan media pers, pemanfaatan media sosial secara baik dan bijak, pengendalian berita dan kaunter opini serta memiliki kemampuan jurnalis agar bisa mempublikasikan kinerja dan keberhasilan Polri.

Pada kesempatan ini Paur Humas juga menjelaskan tentang teknik pembuatan Pers Rilis dan Pemberitaan yang berkaitan dengan kinerja Institusi Kepolisian.

Pada sesi berikutnya, materi pelatihan disampaikan oleh Rusdiyanto S.I. Kom, MIK yang dikenal dengan nama Anto Badai dari Media Riau Televisi.

Selain menjelaskan tentang manajemen media, Anto Badai juga menjelaskan tentang agenda setting, teori komunikasi media dan teknik dokumentasi.

Dalam pelatihan ini juga diselingi dengan sesi tanya jawab dari para peserta kepada narasumber terkait materi yang telah disampaikan.

Kegiatan pelatihan ini berakhir pada pukul 12.00 wib, dan semua rangkaian acara berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.