Polres Kampar Adakan Pelatihan Penggunaan Aplikasi "ASIK" Zapin Bagi Anggotanya




BANGKINANG Senin 17 April 2017 pukul 10.00 wib, di Gedung Serbaguna Polres Kampar dilaksanakan Pelatihan Penggunaan Aplikasi "ASIK" (Aplikasi Sistem Informasi Kriminalitas) Zapin Polres Kampar.

Pelatihan ini dibuka oleh Waka Polres Kampar Kompol Basa Emden Banjarnahor SiK yang mewakili Kapolres Kampar, hadir mengikuti pelatihan ini Para Kasat dan Perwira Polres Kampar serta Kapolsek dan Para Kanit Polsek Jajaran Polres Kampar.

Waka Polres Kampar dalam arahannya saat membuka pelatihan ini menyampaikan, bahwa Program Aplikasi "ASIK" ini dimaksudkan untuk mempermudah penyampaian informasi tentang kegiatan maupun tindak kejahatan agar bisa ditindaklanjuti secara cepat.

Lebih lanjut disampaikan Waka Polres, agar nantinya seluruh jajaran Polres Kampar dapat menggunakan dan memanfaatkan aplikasi ini sesuai fungsi dan kegunaannya.

Materi pelatihan disampaikan oleh Sdr. Hadi Suprapto yang didatangkan dari Polres Bojonegoro Polda Jatim, dijelaskan Hadi bahwa Aplikasi ASIK Zapin ini mengadopsi Program CAS (Criminal Alarm System) dari Polres Bojonegoro.

Sdr. Hadi Suprapto juga menjelaskan tentang cara download aplikasi dan penggunaannya dan dipraktekkan langsung oleh peserta pelatihan.

Materi pelatihan juga disampaikan oleh Kasat Lantas AKP Mas'ud Ahmad SiK selaku koordinator pelaksana Smart Data Base Polres Kampar.

Pada kesempatan ini AKP Mas'ud Ahmad SiK menjelaskan, bahwa Aplikasi ini dapat di download melalui menu playstore pada android.

Program Aplikasi ASIK Zapin ini terdiri dari 3 item , yaitu :
1. Asik Zapin Personil Polres Kampar, adalah aplikasi khusus untuk anggota Polres Kampar untuk pelaporan kegiatan atau kejadian oleh semua personil untuk ditindaklanjuti dengan cepat.

2. Asik Zapin Masyarakat, adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi masyarakat Kab. Kampar untuk melaporkan suatu kejadian atau peristiwa, yang memerlukan kehadiran anggota Polri untuk penanganan maupun tindak lanjutnya.

3. Asik Zapin Instansi, adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi instansi pemerintah, swasta maupun objek vital dengan membuat system alarm terkoneksi dengan Smart Data Base Polres Kampar, sehingga bila ada kejadian akan cepat terdeteksi dan bisa dilakukan penanganan dengan cepat.

Pelatihan ini berakhir pada pukul 11.30 wib, dan semua rangkaian kegiatan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.