Polres Kampar Adakan Rakor Ops Ramadniya Siak 2017 dengan Instansi Terkait




BANGKINANG - Senin 5 Juni 2017 pukul 09.30 wib, diruang data Polres Kampar telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Ops Ramadniya Siak 2017 dengan instansi terkait Kabupaten Kampar.

Rakor eksternal ini dipimpin Waka Polres Kampar Kompol Basa Emden Banjarnahor SiK didampingi Asisten II Setda Kampar Nurbit S.Sos yang mewakili Bupati Kampar dan Pasi Ops Kapten Inf M. Fadhil yang mewakili Dandim 0313/ KPR.

Turut hadir Kepala Satpol PP Kampar dan Perwakilan Dinas Instansi terkait, PMI, Jasa Raharja, Ormas Senkom, PLN ranting Bangkinang dan juga Para Kabag, Kasat dan Kasi Jajaran Polres Kampar.

Mengawali Rakor ini, Waka Polres Kampar memberikan sambutannya yang menyampaikan bahwa Rapat ini digelar dalam rangka persiapan jelang pelaksanaan Ops Ramadniya Siak 2017, untuk pengamanan Perayaan Idul Fitri 1438-H dan kegiatan-kegiatan lain yang menyertainya. 

Kesiapan pelaksanaan Operasi meliputi rencana kebutuhan personil, sarana prasarana serta hal lain yang untuk kelancaran dan kesuksesan Operasi.

Selanjutnya Kabag Ops Kompol Suratman menyampaikan paparan tentang rencana kegiatan Operasi, antara lain bahwa Operasi Ramadniya 2017 merupakan Operasi terpusat yang akan digelar secara serentak mulai tanggal 19 Juni hingga 4 Juli 2017.

Dijelaskan bahwa tujuan Operasi Ramadniya 2017 ini adalah untuk menjamin keamanan bagi seluruh masyarakat serta mewujudkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas dalam rangka perayaan Idul Fitri 1438-H yang meliputi kegiatan ibadah, mobilisasi angkutan manusia dan barang serta kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan.

Wilayah Kab. Kampar memiliki jalur lintas utama antar provinsi yang menjadi pilihan utama bagi pemudik setiap tahunnya, hal ini telah menjadi perhatian dari Pemerintah Pusat maupun Daerah yang perlu diatensi bersama.

Lebih lanjut dipaparkan Kabag Ops tentang target operasi yang meliputi 4 sasaran yaitu orang, tempat, benda serta kegiatan, dimana dalam pelaksanaan kegiatannya akan mengedepankan upaya-upaya preventif dan preemtif. 

Selama pergelaran Ops Ramadniya Siak 2017 ini Polres Kampar akan mendirikan 8 Pos Pengamanan, dimana 7 diantaranya akan ditempatkan sepanjang jalan lintas Riau - Sumbar, dan 1 Pos lainnya berlokasi di Simpang Petapahan Kec. Tapung, adapun penetapan lokasi Pos Pengamanan ini berdasarkan pertimbangan daerah rawan macet dan rawan kecelakaan lalulintas.

Pada pos-pos pengamanan ini nantinya akan ditempatkan sejumlah personil gabungan dari jajaran Polres Kampar, Kodim 0313/ KPR, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan PMI serta anggota Senkom, untuk Polres Kampar sendiri rencananya akan melibatkan sekitar 200 personil dimana sebagian besarnya akan diplot pada pos pengamanan.

Kabag Ops juga memaparkan tentang prediksi kerawanan yang mungkin timbul pada saat pelaksanaan Operasi dan upaya-upaya untuk mengantisipasinya.

Asisten II Setda Kampar Nurbit, yang mewakili Bupati Kampar dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegiatan serupa tahun lalu dapat kita jadikan anev untuk menutupi segala kekurangan, agar pelaksanaan Ops Ramadniya tahun 2017 ini dapat berjalan dengan lancar.

Beberapa hal terkait Ops Ramadniya seperti distribusi bahan pokok, BBM hingga kesiapan Dinas-dinas terkait di Jajaran Pemda Kampar juga disampaikan oleh Nurbit dengan mendiskusikannya langsung dengan para Kepala Dinas SKPD yang hadir, antara lain Dinas Binamarga, Perhubungan, Perdagangan, Kesehatan, Satpol PP dan PMI, terakhir disampaikan Asisten II ini bahwa kegiatan ini merupakan pekerjaan berat yang harus atensi bersama, jelasnya.

Sementara itu Pasi Ops yang mewakili Dandim 0313/KPR menyatakan akan mendukung sepenuhnya kegiatan Operasi ini, dengan mempersiapkan sejumlah anggota TNI dari Jajaran Kodim untuk ditempatkan pada pos-pos pengamanan ini nantinya.

Hampir senada pula disampaikan Kepala Satpol PP dan perwakilan Dinas Instansi terkait, yang pada intinya siap mendukung pelaksanaan Operasi Ramadniya Siak 2017 ini sesuai peran dan fungsinya masing-masing.

Rakor ini berakhir pada pukul 12.00 wib dan semua rangkaian kegiatan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.