POLRES KAMPAR DAN POLSEK JAJARAN GELAR OPS PEKAT DAN CIPKON SERENTAK PADA MALAM MINGGU




Dipenghujung pekan ini, tepatnya Sabtu (17/12) malam, Polres Kampar dan seluruh Polsek Jajarannya menggelar Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) secara serentak disejumlah tempat di wilayah hukum Polres Kampar.

Adapun yang menjadi target / sasaran operasi adalah penyakit masyarakat seperti miras, judi, prostitusi dan lain-lain, peredaran narkoba, penggunaan senjata tajam dan senjata api serta antisipasi tindak pidana 3C (Curat, Curas dan Curanmor).

Dalam Operasi ini pihak Kepolisian juga menyertakan personil TNI dan Satpol PP Kampar.

Untuk di Polres Kampar, kegiatan Ops Cipkon ini dipimpin Kasat Binmas AKP Rengga Puspo Saputro SiK, dengan personil Pleton Siaga Polres Kampar dan beberapa personil Satpol PP Kampar serta Provost TNI.

Kegiatan diawali dengan melakukan patroli diseputaran kota Bangkinang untuk mengantisipasi adanya Balap Liar, selanjutnya tim mendatangi salah satu cafe dekat Simpang Panca Salo, namun disini tidak ditemukan adanya penjualanq miras ataupun perbuatan lain yang melanggar hukum, petugas hanya menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada pengunjung dan pemilik warung.

Kegiatan berlanjut dengan melakukan Patroli keberapa tempat antara lain kantor KPUD, sejumlah Bank dan Gereja di Kota Bangkinang.

Terakhir tim mendatangi Wisma Pantian Ragi dan mendapati seorang pria dan tiga wanita yang masih remaja menginap di wisma ini, mereka kemudian dibawa ke Polres Kampar untuk didata dan dilakukan pembinaan dan setelah itu dipulangkan.

Sementara itu Tim Opsnal Polres Kampar yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Y.E. Bambang Dewanto SH juga melakukan operasi pekat dengan sasaran kafe-kafe yang berada di Simpang Muara Mahat Baru Kec. Tapung.

Dari beberapa Kafe yang dirazia ini, ditemukan sejumlah pelayan wanita bekerja ditempat tersebut dan adanya penjualan minuman beralkohol jenis Beer. Petugas juga merazia para pengunjung kafe namun tidak ditemukan barang-barang terlarang seperti narkoba dan senjata tajam maupun senjata api.

Selanjutnya dilakukan pendataan oleh petugas dan juga pembinaan agar pemilik kafe tidak menjual minuman keras, mengadakan prostitusi terselubung dan tidak membuka kafe hingga larut malam.

Sejumlah Polsek juga terpantau melakukan kegiatan yang sama, antara lain Rayonisasi Tapung yang dipimpin Kapolsek Tapung Kompol Darmawan SH, MH dengan 10 personilnya bergabung dengan Polsek Tapung Hilir yang dipimpin Kapolsek AKP Benhardi SH dengan 7 personil ditambah 6 personil TNI dari Koramil Tapung dan 4 personil Satpol PP Kecamatan Tapung.

Tim gabungan ini melakukan razia disejumlah Kafe di wilayah Kota Batak Desa Pantai Cermin Kecamatan Tapung.

Sebanyak 3 Kafe yang dirazia di wilayah ini, ditemukan puluhan botol minuman beralkohol merk Guinness dan Anker yang kemudian disita oleh petugas setelah dibuatkan berita acara penyitaannya, disalah satu juga ditemukan 4 kotak kondom yang juga turut disita oleh petugas.

Sejumlah Polsek lain juga terpantau melakukan kegiatan Ops Cipkon ini, antara lain Polsek Bangkinang Barat yang melakukan razia disejumlah warung di daerah Rantau Berangin, Polsek Perhentian Raja yang merazia sejumlah warnet di Desa Hang Tuah dan Polsek Kampar Kiri Hilir yang merazia Kafe di Desa Penghidupan.

Secara umum semua rangkaian Ops Cipkon dan Razia Penyakit Masyarakat (Pekat) ini berlangsung dengan aman dan lancar.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK saat dikonfirmasi terkait kegiatan ini menjelaskan, bahwa kegiatan ini sebagai upaya menciptakan stabilitas Kamtibmas jelang akhir pekan sekaligus jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, secara langsung maupun tidak kegiatan ini telah berimplikasi bagi terwujudnya situasi yang aman dan kondusif khususnya di wilayah Kabupaten Kampar.