POLRES KAMPAR GELAR PASUKAN DALAM RANGKA PENGAMANAN IDUL FITRI 1437-H


Kamis 30 Juni 2016, Polres Kampar melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ramadniya Siak 2016 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun 1437-H di lapangan Pelajar Bangkinang.

Bertindak selaku Pimpinan Apel Bupati Kampar H. Jefri Noer SH dan dihadiri Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK beserta Forkopimda Kampar dan juga Kepala Dinas Instansi terkait yang terlibat dalam pelaksanaan Ops Ramadniya Siak 2016 di kabupaten Kampar.

Dalam apel gelar pasukan ini Bupati Kampar membacakan amanat Kepala Kepolisian RI yang menyampaikan beberapa hal antara lain bahwa Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan secara serentak diseluruh Polda dan Polres ini bertujuan untuk mengecek kesiapan akhir personel beserta kelengkapannya, baik dari Polri maupun unsur terkait serta segenap potensi masyarakat yang terlibat dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1437-H. 

Sandi operasi pada pengamanan Idul Fitri yang kita kenal sebelumnya dengan "Ketupat" untuk tahun 2016 ini menjadi "Ramadniya" yang merupakan singkatan dari Ramadhan dan Hari Raya. Pelaksanaan Operasi akan digelar selama 16 hari mulai tanggal 30 Juni s/d 15 Juli 2016.

Diharapkan dengan perencanaan yang telah dipersiapkan dengan matang akan dapat berjalan dengan baik dan sinergis bersama seluruh stake holders terkait, agar situasi kamtibmas maupun kamseltibcar lantas yang kondusif dapat terwujud.

Terkait masih tingginya angka kecelakaan maupun korban kecelakaan lalulintas pada saat perayaan Idul Fitri tahun lalu, hal ini disebabkan kurangnya disiplin pengendara dalam mematuhi peraturan lalulintas serta masih adanya pemudik yang tidak memperhatikan kelaikan kendaraannya, adanya kerusakan jalan, kurangnya fasilitas atau sarana prasarana jalan pada jalur yang dilalui pemudik, maupun akibat pengaruh perubahan cuaca yang ekstrim.

Mencermati hal tersebut, kita berkewajiban untuk melakukan langkah antisipatif melalui tindakan preemptif, preventif dan penegakkan hukum melalui kerjasama yang sinergis dengan unsur terkait maupun mitra kamtibmas lainnya.

Adapun target pelaksanaan Ops Ramadniya 2016 ini adalah :
1. Terwujudnya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan perayaan Idul Fitri baik saat beribadah, berwisata maupun aktivitas lainnya.

2. Terwujudnya kamseltibcar lantas bagi masyarakat yang bepergian dengan menggunakan beragam moda transportasi.

3. Terjaminnya keamanan dan kelancaran distribusi bahan kebutuhan pokok dan BBM sehingga tidak menimbulkan keresahan.

4. Terwujudnya keamanan dalam aktivitas embarkasi di pelabuhan, terminal darat, laut maupun bandara untuk menjamin keselamatan penumpang dan barang selama perjalanan.

5. Terbangunnya kesiapsiagaan sistem tanggap darurat melalui koordinasi lintas sektoral.

6. Termonitor dan terdatanya semua kejadian dengan tepat, cermat dan akurat untuk dijadikan bahan analisa dan evaluasi demi perbaikan dan penyempurnaan serta pelaksanaan Operasi yang akan datang.

Disampaikan Kapolri ada beberapa hal yang harus dipedomani dan dilaksanakan dalam operasi Ramadniya 2016 ini antara lain untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan serta peralatan dalam melaksanakan tugas, mempersiapkan kondisi fisik dan mental untuk senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan melakukan tindakan proaktif dan antisipatif dengan melibatkan semua fungsi Kepolisian serta stake holders terkait. Semua kegiatan tersebut dilakukan dengan mengedepankan kerjasama yang sinergis dan harmonis dengan seluruh instansi terkait dan segenap elemen masyarakat.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK kepada media usai melaksanakan apel gelar pasukan ini menyampaikan bahwa mulai hari ini seluruh pos pengamanan yang ada diwilayah hukum Polres Kampar telah diisi oleh personil gabungan untuk memberikan pengamanan serta pelayanan kepada masyarakat.