POLRES KAMPAR GELAR PROGRAM RELIGI DI BULAN RAMADHAN


Bangkinang Sabtu 18 Juni 2016, Polres Kampar semakin memantapkan Program Inovasi untuk kegiatan pengamanan di bulan Ramadhan ini, beragam kegiatan untuk memberikan rasa aman dan ketertiban ditengah masyarakat terus dilakukan dan digiatkan. 

Pada umumnya di bulan Ramadhan ini masyarakat kerap meninggalkan rumah terutama saat pergi beribadah ke Masjid dan juga saat berbelanja kepasar atau pusat perbelanjaan, untuk itu Polisi akan terus memperketat kesiagaan agar gangguan kamtibmas serta tindak kriminalitas dapat diminimalkan, demikian disampaikan Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK.

Sebagai Kapolres beliau menekankan kepada anggotanya bahwa "Lapar dan dahaga bukan penghalang untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat", justru momentum Ramadhan ini harus dimanfaatkan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. 

Yang harus digaris bawahi adalah bahwa profesi sebagai Polisi merupakan pengabdian yang berlandaskan semangat serta diniatkan untuk beribadah, artinya pada bulan yang segala amal dilipatgandakan ini para Polisi berkesempatan mendulang keridhoan Allah SWT seluas-luasnya. 

Kegiatan humanis yang berlandaskan semangat dan kebersamaan akan terus digagas dan diaplikasikan kepada masyarakat antaralain dengan membagi-bagikan takjil dan buka puasa bersama serta sahur bareng dengan warga atau kelompok masyarakat.

Langkah-langkah strategis untuk menjaga keamanan khususnya di bulan Ramadhan ini turut dilakukan, semua program tersebut dibalut dengan semangat Kampar TAAT (Kampar Tertib, Aman, Agamis dan Terkendali).

Adapun kegiatan-kegiatan humanis yang bernuansa Religi ini akan dibagi dalam empat kategori, yaitu :

I. Program Hidangan Kurma.
(Himbauan dan peringatan Dikala Menjelang Berbuka Puasa).

Ini merupakan program yang ditujukan kepada masyarakat disaat menjelang berbuka puasa. Program ini dituangkan dalam bentuk himbauan yang salahsatunya dalam bentuk MP3 dan diputar disetiap mobil dinas Polisi dengan speaker khusus untuk didengar oleh masyarakat. Mobil-mobil dinas tersebut akan berkeliling kepusat-pusat keramaian pada sore hari antara pukul 16.00 wib s/d 18.00 wib. 

Program ini akan dilaksanakan oleh unit unit pada satuan fungsi Lantas, Sabhara, Binmas Intelkam, Reskrim dan lainnya secara komprehensif, dan didalam program ini Polres Kampar juga akan memberikan menu takjil bagi masyarakat yang tertib dalam berlalulintas.

II. Program Sajadah dan Tasbih.
(Selalu Menjaga Aset disaat Ibadah dan Tertib Aturan saat Berangkat Ibadah).

Dibulan ini masyarakat kerap menghabiskan waktu di tempat ibadah. Untuk itu selain melakukan himbauan kepada masyarakat agar waspada saat meninggalkan rumah dan mengunci pintu, polisi juga rutin berpatroli dipemukiman masyarakat.

Himbauan agar meningkatkan pengamanan rumah, kendaraan, hewan peliharaan dan tertib berlalulintas akan giat digencarkan dan diperkuat dengan patroli yang berkesinambungan. Program ini akan dijadwal pada pukul 19.00 s/d 23.00 wib dan akan dirangkai dengan program berikutnya.

III. Program Opor Sahur. 
(Operasi dan Patroli Polisi Saat Sahur). 

Ini merupakan operasi simpatik dan patroli diwaktu sahur bertujuan agar tetap terpeliharannya keamanan dan ketertiban masyarakat. 

Patroli ini juga bertujuan  untuk membangunkan masyarakat yang muslim untuk melaksanakan sahur dengan menggunakan kentongan.

IV. Program Silaturahmi 
(Sinergitas Dalam Rangka Cipta Situasi Rasa Aman dan Humanis Menjelang Idul Fitri). 

Program ini bertujuan untuk menghadapi potensi kerawanan yang akan muncul dalam aspek kriminalitas, sosial ekonomi, maupun masalah lalu lintas. 

Program ini dilakukan bersinergi dengan instansi terkait dan mengoptimalkan peran serta lembaga/ organisasi masyarakat dan juga merangkul media massa untuk bersama polisi menciptakan rasa aman diwilayah kabupaten Kampar pada saat sebelum dan sesudah hari raya Idul Fitri.

Diantara bentuk kegiatan ini nantinya adalah dengan melakukan operasi pasar bersama instansi terkait, menyelenggarakan bazaar, dan memberikan himbauan dan panduan melalui media massa.

Demikianlah program - program bernuansa religi oleh Jajaran Polres Kampar pada bulan Ramadhan ini sebagaimana yang disampaikan Kapolres Kampar guna mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.