Polres Kampar Terbitkan Buku Panduan Jalur Lintas Barat untuk Pedoman bagi Pengguna Jalan Saat Mudik




KAMPAR, Untuk membantu masyarakat pengguna jalan saat perjalanan mudik ketika melewati Jalur Lintas Barat, Polres Kampar melakukan Inovasi dengan menerbitkan "Buku Panduan Jalur Lintas Barat Wilayah Hukum Polres Kampar dalam rangka Operasi Ketupat Muara Takus 2018".

Buku panduan ini memberikan gambaran dan penjelasan tentang situasi dan kondisi Jalur Lintas Barat yang melewati wilayah hukum Polres Kampar, guna memudahkan perjalanan bagi pengguna jalan yang akan melewati Jalur Lintas Barat (Riau - Sumbar) terutama saat arus mudik dan arus balik pada Hari Raya Idul Fitri 1439-H. 

Adapun isi Buku Panduan Jalur Lintas Barat ini menyajikan Peta wilayah Kabupaten Kampar disertai Lokasi Pos Pengamanan, Lokasi daerah rawan longsor, Jalur alternatif pada daerah rawan longsor, Lokasi titik rawan macet, Jalur alternatif di daerah rawan macet, Lokasi rawan kecelakaan, Lokasi Rumah Sakit atau pelayanan kesehatan, Lokasi Bengkel, Lokasi SPBU, Lokasi Masjid, Lokasi Rumah Makan, Lokasi Terminal dan Lokasi Objek Wisata.

Selain itu Buku Panduan ini juga memuat Nomor Telepon Penting, Pesan Kamtibmas dan Pesan Kapolri Kepada Pemudik serta Do'a Sebelum Berpergian.

Untuk penyebaran Buku Panduan Jalur Lintas Barat Wilayah Hukum Polres Kampar ini didistribusikan melalui Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Ops Ketupat Muara Takus 2018 Polres Kampar, Terminal Bangkinang, Rest Area dan beberapa Rumah Makan serta diposting melalui Media Sosial. 

Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK, MH melalui Kasat Lantas AKP Wan Mantazakka saat dikonfirmasi menyampaikan, bahwa Jalur Lintas Barat yang melalui wilayah hukum Polres Kampar ini merupakan jalur utama arus mudik dan arus balik dari Provinsi Riau menjelang dan selama perayaan Idul Fitri.

Kita ketahui bersama bahwa pada jalur ini selalu terjadi peningkatan kepadatan arus lalulintas setiap menjelang lebaran, untuk itu perlu diberikan panduan sebagai pedoman bagi pengguna jalan dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas.

Semoga inovasi yang dilakukan Jajaran Polres Kampar ini dapat berkontribusi bagi kelancaran arus lalulintas dan kenyamanan masyarakat terutama saat perjalanan mudik, jelasnya.