POLSEK BANGKINANG BARAT KAMPAR RINGKUS PELAKU PENCURIAN KABEL KONTROL PLN




Unit Reskrim Polsek Bangkinang Barat berhasil membekuk salahsatu pelaku pencurian kabel kontrol PLN, di Gardu Induk PLN yang berlokasi di Desa Merangin Kec. Kuok pada Selasa (20/12) sore.                                                                                                                  
Tersangka pelaku pencurian yang diamankan pihak Kepolisian ini adalah KS (LK 40) yang bekerja sebagai Satpam PLTA Koto Panjang warga Desa Pulau Terap Tengah Kec. Kuok Kab. Kampar.

Peristiwa ini diketahui pada Selasa (20/12) sekira pukul 16.40 wib, saat 2 karyawan PT. Dungo Reksa selaku kontraktor PLN tengah mengecek Gardu Induk PLN yang berada di Desa Merangin.

Saat itu dua karyawan ini menemukan kabel kontrol yang berada dalam areal gardu tersebut sudah terpotong, kabel kontrol ini sebelumnya berjumlah sebanyak 4 gulungan besar.

Setelah dicek lebih lanjut, ditemukan jalan masuk areal gardu pada bagian belakang, diperkirakan pelaku melakukan pencurian lewat jalan tersebut.

Atas kejadian tersebut pihak PT. Dungo Reksa selaku kontraktor mengalami kerugian sekitar Rp 250 juta, dan kemudian melaporkan kejadian ini ke Polsek Bangkinang Barat.

Mendapat laporan tersebut, Kapolsek Bangkinang Barat Iptu Daren Maysar bersama Kanit Reskrim dan anggota unit Reskrim Polsek langsung membentuk tim untuk melakukan penyelidikan.

Penyelidikan petugas mengarah kepada salahsatu pelaku bernama KS yang kesehariannya bekerja sebagai Satpam PLTA Koto Panjang.

Petugas langsung bergerak cepat, dan pada pukul 23.00 wib sekitar 6 jam setelah dilaporkan, pelaku KS berhasil diamankan.

Dari keterangan tersangka KS ini didapat informasi bahwa pencurian ini dilakukan bersama temannya ZB yang masih dalam pengejaran, lebih lanjut diceritakan bahwa mereka melakukan aksinya sekitar 2 pekan lalu.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK, melalui Kapolsek Bangkinang Barat Iptu Daren Maysar saat dikonfirmasi membenarkan kejadian ini, disampaikan Daren bahwa tersangka KS saat ini telah diamankan di Polsek Bangkinang Barat untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Ditambahkan Daren bahwa pihaknya masih melakukan pengembangan untuk menangkap satu tersangka lain yang masih buron serta keberadaan kabel kontrol yang telah dicuri itu.