Ratusan Personil Gabungan Gelar Ops Cipkon Antisipasi Balap Liar dan Genk Motor di Wilayah Kab. Kamp




BANGKINANG -Sabtu 29 Juli 2017 pukul 23.00 wib, ratusan personel gabungan dari Polres Kampar bersama TNI dari Jajaran Kodim 0313/KPR serta Yonif 132/BS, ditambah Satpol PP dan Dishub Kampar, menggelar Operasi Cipta Kondusif (Cipkon) dalam rangka antisipasi dan penanggulangan balap liar serta genk motor di wilayah Kota Bangkinang dan Kab. Kampar.

Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan apel serta pemberian APP (arahan) yang diadakan di lapangan Mapolres Kampar yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto SiK.MH, didampingi Dandim 0313/KPR Letkol Inf Beny Setiyanto serta Danyon 132/Bimasakti Mayor Inf Aidil Amin dan diikuti seluruh personil gabungan yang terlibat dalam kegiatan ini.

Kapolres Kampar dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka antisipasi kegiatan balap liar dan genk motor, yang merupakan salahsatu bentuk kenakalan remaja dan harus diantisipasi agar tidak berkembang menjadi kejahatan jalanan.

Dandim 0313/KPR pada kesempatan ini juga menyampaikan arahan kepada seluruh personel yang terlibat agar tidak bertindak sembrono, lakukan tugas sesuai aturan dan ketentuan serta jalin koordinasi yang baik dengan sesama petugas pelaksana.

Dalam pelaksanaannya para personil gabungan ini dikoordinir oleh Kabag Ops Kompol Suratman SH dan dibagi dalam 5 tim sesuai wilayah penugasannya dan dipimpin Katimnya masing-masing, untuk tim I dipimpin Kasat Reskrim AKP Y.E. Bambang Dewanto, tim II dipimpin Pasi Intel Yonif 132/BS Kapten Inf M. Manurung, tim III dipimpin Pasi Intel Kodim Kapten Arh Aswin Sembiring, Tim IV dipimpin Iptu Salman dari Sat Reskrim bersama Kabid Trantip Pol PP Ahmad Zaki dan Tim V dipimpin Iptu Riza Effyandi bersama Ipda Khamry Gufron.

Masing-masing tim melakukan patroli pada lokasi yang sering dijadikan ajang balap liar untuk menemukan dan mengamankan para pelaku yang meresahkan warga masyarakat ini. Terpantau saat kedatangan tim gabungan ini, sejumlah anak-anak muda yang diduga akan melakukan aksi kebut-kebutan berusaha menghindar dan segera kabur dari lokasi, namun sebagian dari mereka juga ada yang terjaring oleh tim gabungan ini.

Lewat tengah malam sekira pukul 01.00 wib, tim mendatangi arena Billyard di Jalan H.R. Soebrantas wilayah Cadika Bangkinang, ditempat ini puluhan pengunjung yang rata-rata remaja berusia belasan tahun ditemukan masih bermain Billyard, petugas meminta kepada pengelola tempat ini untuk tutup karena sudah lewat jam operasionalnya.

Selain itu petugas juga melakukan pemeriksaan kepada para pengunjung dengan sasaran pengguna narkoba serta senjata tajam, namun dari hasil pengecekan tidak ditemukan adanya narkoba maupun yang membawa senjata tajam tersebut.

Dari pelaksanaan kegiatan pada malam minggu ini, petugas mengamankan puluhan sepeda motor dibeberapa tempat dari para pemuda yang terindikasi melakukan kebut-kebutan serta tidak membawa surat-surat kendaraannya.

Semua kendaraan yang terjaring dalam Operasi ini diamankan di Polres Kampar, dan untuk pengambilannya nanti seluruh pemiliknya wajib membawa surat-surat kendaraan serta kelengkapan komponen kendaraan bermotor yang wajib ada seperti plat nomor, kaca spion serta lampu lampu kendaraannya.

Pada pukul 02.00 wib dilakukan apel konsolidasi di Taman Kota Bangkinang yang dipimpin Kabag Ops Kompol Suratman SH untuk mengakhiri kegiatan ini, seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.