Satlantas Polres Kampar Razia Truk Lebihi Tonase Antisipasi Lakalantas





BANGKINANG - Pasca peristiwa kecelakaan beruntun yang merenggut 4 nyawa pagi kemarin (Kamis24/8) di Jalan Lintas Rantau Berangin - Pasir Pengarayan wilayah Desa Merangin yang disebabkan sebuah Truk Tronton yang mengalami rem blong. 


Untuk mengantisipasi agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi, sore Kemarin Satuan Lalulintas Polres Kampar menggelar razia terhadap truk yang melebihi tonase yang melewati jalan lintas Riau - Sumbar di wilayah hukum Polres Kampar, razia ini digelar di Jalan lintas Riau - Sumbar tepatnya di depan Mako Sat Lantas Polres Kampar.


Dalam razia ini petugas mengecek surat angkutan barang untuk mengetahui jumlah muatan serta buku KIR untuk mencocokkan jumlah berat muatan yang diperbolehkan, selain itu juga dikakukan pengecekan kondisi kendaraan seperti keadaan ban dan kelengkapan kendaraan serta surat kelengkapan lainnya. 


Sebagaimana diberitakan  sebelumnya, bahwa kemarin pagi telah terjadi kecelakaan lalulintas yang disebabkan sebuah truk yang mengalami rem blong sehingga menabrak 2 kendaraan lain yang mengakibat 4 orang tewas di TKP,  diduga truk tersebut melebihi tonase sehingga berdampak pada menurunnya daya pengereman kendaraan. 


Kasat Lantas Polres Kampar AKP Mas'ud Ahmad SIK saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa razia ini dilakukan untuk mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terjadi lagi dan terwujudnya kamseltibcar lantas. 


Razia yang dilaksanakan dari pukul 16.30 wib hingga pukul 18.00 wib ini berhasil menjaring 16 Truck bertonase lebih yang melakukan berbagai pelanggaran dan dikenakan sanksi tilang.