Satlantas Polres Kampar terapkan E-Tilang




Jajaran Satlantas  Polres Kampar melakukan razia di Depan Kantor Satlantas Polres Kampar, Selasa (07/2). Razia tersebut dilaksanakan sekaligus mencoba aplikasi baru yaitu e-Tilang atau elektronik Tilang. 

Elektronik tilang atau e-Tilang adalah aplikasi mobile yang berfungsi untuk melakukan pembayaran denda tilang secara daring. Dengan sistem e-Tilang, akan menghindari kemungkinan adanya pungli berupa kesepakatan antara oknum polisi dengan pelanggar lalu lintas untuk menghindari tilang dengan memberikan sejumlah uang kepada petugas.

Kapolres Kampar AKBP. Edi Sumardi Priadinata, SIK melaui Kasat Lantas Kampar AKP. Mas'ud Ahmad, SIK menjelaskan bahwa dengan e-Tilang, pelanggar lalu lintas cukup membayar denda tilang melalui m-Banking atau e-Banking atau ATM. Sehingga proses tilang menjadi lebih ringkas karena pelanggar tidak perlu lagi datang ke pengadilan untuk membayar denda.

“Yang kena tilang membayar denda melalui e-banking atau ATM dengan menggunakan slip biru, tentunya dengan membayar denda maksimal. Namun jangan khawatir, kalau sudah diketok palu oleh pengadilan negeri maka sisanya akan dikembalikan ke rekening milik pengendara,” kata Kasat Lantas Polres Kampar, AKP. Mas'ud Ahmad, SIK".

Berikut di bawah ini cara penggunaan e-tilang ;

https://m.vidio.com/watch/547755-begini-cara-penggunaan-e-tilang-bagi-pelanggar-lalu-lintas

Selain mencoba e-Tilang, razia tersebut juga untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas. Sasarannya para pengendara yang tidak menggunakan helm, bonceng lebih dari tiga orang, atau melanggar lalu lintas.