Tim Reformasi Birokrasi Polri Adakan Penilaian ITK di Polres Kampar




BANGKINANG Kamis 6 April 2017, Tim Reformasi Birokrasi Polri dan Kemitraan (Partnership) melaksanakan Pengukuran Kinerja Polri berdasarkan Indeks Tata Kelola (ITK) di Polres Kampar.

Tim ini dipimpin Kasubbag Kaji Analis Biro RBP Srena Polri AKBP Jumadi didampingi Peneliti Kemitraan Heri Sulistyo Jati NS, SE, MSE dan Asisten Peneliti Hana Alfahani Syafrilla S. Sos serta Kabag RBP Polda Riau AKBP Rommel Hutagaol SIP.

Rombongan tiba di Polres Kampar sekitar pukul 09.00 wib yang disambut langsung oleh Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK beserta sejumlah Pejabat Utama Polres Kampar.

Usai beristirahat sejenak diruang kerja Kapolres Kampar, tim kemudian melakukan peninjauan pelayanan publik yang ada di Polres Kampar, antara lain pelayanan SKCK serta pelayanan publik berbasis online yang dipusatkan diruang media centre Polres Kampar.

Untuk diketahui bahwa beberapa pelayanan publik yang ada di Polres Kampar telah memiliki layanan online seperti SKCK, SP2HP dan E-Tilang, serta masih dalam pengembangan untuk beberapa layanan publik lainnya, inovasi layanan publik yang ada di Polres Kampar ini diinisiasi langsung oleh Kapolres Kampar.

Usai peninjauan di tempat-tempat pelayanan yang ada di Polres Kampar, Tim kemudian melakukan penelitian dan pengukuran kinerja jajaran Polres Kampar melalui pengisian angket / kuistioner, kepada perwakilan berbagai elemen masyarakat termasuk aparat pemerintahan dari unsur legislatif, eksekutif maupun yudikatif yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Polres Kampar.

Mengawali penelitian dan penilaian dari Tim RBP Polri dan Kemitraan terhadap perwakilan berbagai elemen masyarakat ini, Kapolres Kampar yang ikut mendampingi Tim lebih dahulu menyampaikan kata sambutannya kepada seluruh responden yang hadir.

Kapolres menyampaikan Ucapan terimakasihnya kepada seluruh responden yang telah meluangkan waktu untuk hadir, dalam rangka pengukuran kinerja Polres Kampar dari Tim RBP dan Kemitraan ini.

Selanjutnya kata sambutan dari Ketua Tim AKBP Jumadi yang menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini, yaitu untuk mengukur kinerja Polri berdasarkan pengamatan atau penilaian berbagai pihak baik internal maupun eksternal.

Usai penyampaian kata sambutan dari Ketua Tim, dilanjutkan penjelasan oleh anggota tim peneliti Heri Sulistyo Jati NS, SE, MSE tentang mekanisme pengisian kuistioner.

Selanjutnya seluruh responden diberikan waktu selama 30 hingga 45 menit untuk menjawab semua pertanyaan melalui lembar kuisioner yang diberikan kepada masing-masing responden.

Setelah istirahat Shalat Zuhur dan makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan pendalaman materi penilaian data objektif terhadap beberapa personil dari satuan fungsi Kepolisian.

Hingga saat ini kegiatan masih berlangsung dan menurut rencana besok tim masih akan melakukan peninjauan dan penilaian terhadap beberapa pelayanan yang belum dikunjungi seperti Satpas SIM dan Samsat.

Proses penilaian pengukuran kinerja dan Indeks Tata Kelola di Polres Kampar ini berjalan dengan aman, tertib dan lancar.